Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan saat Ramadan, Modal Kecil Peluang Untungnya Gede

Ini Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan saat Ramadan, Modal Kecil Peluang Untungnya Gede
Foto: Ilustrasi usaha di saat Ramadan (ilovelife.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Membuka bisnis atau usaha di saat bulan Ramadan selama ini sudah dilakukan banyak orang. Selain di rumah, membuka bisnis di momen Ramadan juga dilakukan di pinggir jalan.

Ada banyak jenis usaha yang dilakukan kala Ramadan tiba. Kebanyakan usaha yang dilakukan adalah di bidang kuliner atau makanan.

Namun, ada juga jenis usaha lainnya yang bisa dilakukan. Untuk membuka usaha di bulan Ramadan ini tidak selalu dengan modal besar kok.

Baca juga: Puasa, Latihan untuk Menjaga Jarak Duniawi

Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba, berikut ada sederet bisnis menjanjikan yang bisa dicoba saat Ramadan seperti dilansir dari Solopos.com, Senin (21/3/2022):

1. Restoran atau Warung Makan

Bisnis makanan adalah peluang usaha yang paling menjanjikan, saat Ramadan keinginan orang akan makanan menjadi lebih banyak dan variatif terlebih lagi beberapa orang akan memilih untuk membeli makanan di luar dibandingkan dengan memasak sendiri.

Banyak juga acara seperti buka bersama yang dilakukan di restoran ataupun warung makan setiap harinya, ini adalah pendukung utama dalam bisnis sebagai penghasilan yang paling banyak.

2. Katering Makanan

Jika membuka warung makan ataupun restoran membutuhkan tempat untuk jualan, ketering makanan lebih fleksibel perihal tempat karena bisa dilakukan di rumah sekalipun dan tetap mendapatkan konsumen yang menjanjikan di bulan Ramadhan.

Banyak acara seperti buka bersama, tarawih, pengajian hingga bagi-bagi takjil ataupun buka yang memerlukan pemesanan ke usaha katering makanan. Jika bisa mempertahankan rasa maupun harga bisnis ini akan memiliki penghasilan yang banyak dan peminat yang tidak akan sepi.

3. Bisnis Kue Kering

Kue kering adalah sajian yang paling identik dengan Ramadhan terlebih lagi menjelang lebaran, semua orang cenderung akan mencari penjual kue kering untuk dijadikan makanan pelengkap saat berkumpul dengan keluarga.

Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki bakat dalam pembuatan kue kering. Konsumen biasanya juga tidak terpaku pada satu jenis kue saja, sehingga macam-macam kue dapat dikreasikan secara fleksibel sesuai dengan modal dan kemampuan. Terlebih lagi di era sekarang ini pemasaran bisa dilakukan dengan jangkauan luas lewat ecommerce tertentu.

4. Bisnis Takjil atau Makanan Berbuka Puasa

Saat Ramadan biasanya orang-orang akan mencari makanan untuk berbuka puasa yang lebih spesial dari biasanya. Makanya tak jarang orang yang berpuasa akan mencari referensi dari para penjaja makanan yang biasanya bermunculan saat bulan Puasa.

Nah, Anda juga bisa mulai berbisnis takjil atau makanan berbuka puasa karena banyak orang yang membutuhkannya. Anda juga punya peluang untuk mendapat pesanan dari mereka yang akan melakukan buka puasa bersama atau berbagi takjil yang sering dilakukan komunitas, lembaga, kantor, dan lain-lain.

5. Baju Muslim

Baju muslim adalah barang yang selalu dibeli pada bulan Ramadan, mayoritas orang akan membeli baju baru untuk digunakan saat Lebaran.

Penjualan baju muslim juga tidak perlu untuk dilakukan secara konvensional, ada berbagai cara untuk menjual baju secara online baik dengan media sosial ataupun platform ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

6. Parsel

Selain membuat kue kering, tak ada salahnya Anda juga membuat jasa pembuatan parsel yang akan sangat menguntungkan menjelang Lebaran nanti.

Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda, misalnya berupa kue kering, aneka macam makanan ringan, sembako (sembilan bahan pokok), barang pecah belah, atau bahkan pakaian atau kain khas.

7. Ketupat

Memang di bulan puasa orang belum banyak yang memesan ketupat, tapi saat menjelang Lebaran pasti permintaan akan meningkat. Berbicara tentang berjualan ketupat sebagai usaha di Ramadan, Anda mempunyai pilihan yaitu menjual ketupat secara matang atau hanya selongsongnya saja.

Selain itu, untuk menambah keuntungan, Anda bisa juga menawarkan sayur ketupatnya sekaligus.

8. Custom Stoples dan Tempat Makan

Walaupun terdengar sederhana, tapi tak jarang orang yang membeli stoples atau tempat makan baru supaya meja tamu mereka terlihat lebih bagus.

Saat hari raya, biasanya keluarga akan berkumpul dan melakukan makan bersama. Tak hanya itu, bahkan mereka juga mengadakan open house untuk orang-orang di sekitar rumahnya. Nah, maka dari itu, mendekor meja tamu atau meja makan biasanya dilakukan supaya terlihat lebih indah.

Cobalah membuat usaha pembuatan stoples dan tempat makan dengan sistem customize, di mana desainnya bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan, sehingga ia bisa menyesuaikannya dengan tema Lebaran.

Selamat mencoba!

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...