Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dana Penanganan Covid-19 Pati Dipertanyakan

Dana Penanganan Covid-19 Pati Dipertanyakan
Anggota Fraksi PPP DPRD Pati Muslihan mempertanyakan langsung pada Bupati Pati Haryanto saat menyampaikan LKPJ 2021 dalam Rapat Paripurna di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (21/3/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Dana penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati dipertanyakan. Anggaran berjumlah ratusan miliar itu dipertanyakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muslihan.

Anggota Fraksi PPP itu pun mempertanyakan langsung pada Bupati Pati Haryanto saat menyampaikan LKPJ 2021 dalam Rapat Paripurna di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (21/3/2022).

“Selama ini banyak warga yang menanyakan dana Covid-19 yang tidak sedikit. Selama ini implementasinya seperti apa. Dan indikatornya seperti apa. Kalau di desa kan hanya seperti itu (penanganannya),” ujarnya.

Baca juga: Ambulans yang Ditabrak Truk Tangki di Pati Ternyata Bawa Jenazah Pasien Covid-19

Menjawab hal ini, Bupati Pati Haryanto mengatakan anggaran penanganan Covid-19 bersumber dari dana tak terduga dan hasil refocusing anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Pati.

Dana itu digunakan untuk membeli alat pelindung diri (APD) hingga jaring pengaman sosial. Ia menegaskan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Pati tidak menikmati dana ini sepeser pun.

“Ada untuk pemakaman jenazah Covid-19, digunakan Dinas Kesehatan, tempat isolasi dan lain-lain. Semua OPD tidak ada yang pernah menerima honor Covid-19,” kata dia.

Haryanto mangaku sempat diperiksa secara khusus oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait hal ini dan dana pembangunan infrastruktur. Dalam pemeriksaan itu, belum ditemukan penyelewengan.

“Kalau lebih dalam silakan pihak RSUD (rumah sakit umum daerah) dan DKK (dinas kesehatan kabupaten) dipanggil dan ditanyai. 40 persen DD juga untuk BLT. Kalau ndak digunakan akan diambil pemerintah pusat,” tandas Haryanto.

Diketahui dana penanganan Covid-19 Kabupaten Pati pada tahun 2020 lalu berjumlah Rp142 miliar dan pada tahun 2021 berjumlah Rp90 miliar.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...