Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Trotoar Rusak di Jalan Ahmad Yani Kudus Dikeluhkan

Kerusakan trotoar di Jalan Ahmad Yani Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kondisi trotoar di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, cukup mengenaskan. Kerusakan terlihat di sejumlah titik jalur pedestrian tersebut.

Pengamatan MURIANEWS kerusakan terlihat di sebelah utara patung Ahmad Yani kompleks gedung DPRD Kudus . Tepatnya di sisi barat. Di situ trotoar tampak retak-retak.

Kondisi yang sama terlihat di sebelah timur DPRD Kudus. Kerusakan trotoar juga terdapat di sebelah barat Pizza Hut. Lokasinya tepat di depan kedai Rumah Makan Padang.

Kerusakan di titik ini tampak rusak berat. Karena keramik yang berukuran besar-besar sudah mulai retak hingga terlihat bagian semen dan kerikil.

Kerusakan trotoar tambah parah lantaran ada yang dibongkar untuk ditanam pohon. Namun, kondisi trotoarnya tidak dikembalikan dengan baik.

Sehingga bongkahan trotoar terbelengkalai di tengah-tengah jalur trotoar.

Baca: Roby Satria, Gitaris Geisha Ditangkap Polisi Gegara Narkoba

Hamdan, salah seorang warga Kudus ingin agar trotoar yang rusak agar diperbaiki. Karena mengganggu pengguna jalan. “Ya inginnya diperbaiki supaya bagus dan bisa dilewati,” katanya, Senin (21/3/2022).

Warga Kudus lainnya, Ade berharap agar trotoar yang dibongkar untuk ditanam pohon segera ditata. Sehingga tidak mengganggu pejalan kaki.

“Kalau bisa bongkahan trotoar ini dikembalikan lagi dipasang dengan baik. Tidak dibiarkan seperti ini,” ujarnya.

Baca: Kudus Lewati Puncak Gelombang Tiga Covid-19

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus, Arief Budi Siswanto mengatakan permasalahan trotoar tersebut merupakan kewenangan dua dinas. Yakni Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus dan PUPR Kudus.

“Soal yang trotoar dibongkar untuk ditanami pohon itu sebenarnya tugas PKPLH Kudus. Saya tidak tahu kok tidak dikembalikan lagi seperti semula. Kalau trotoarnya memang juga kewenangan kami,” ujarnya.

Arief melanjutkan, pihaknya dalam waktu dekat akan berupaya untuk memperbaiki trotoar di Jalan Ahmad Yani tersebut. “Termasuk yang retak-retak ya nanti kami upayakan perbaikan di tahun ini menggunakan APBD 2022,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...