Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

71 Pasangan Jepara Nikah Massal, Gus Muwafiq Bilang Begini

71 Pasangan Jepara Nikah Massal, Gus Muwafiq Bilang Begini
Bupati Jepara Dian Kristiandi mengibarkan bendera start saat arak-arakan 71 pasangan pengantin nikah massal. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 71 pasangan di Kabupaten Jepara mengikuti nikah massal di Pendapa RA Kartini, Senin (17/3/2022). Ulama kondang, Gus Muwafiq diundang untuk memberikan ceramah di acara itu.

Sebelum acara sakral dimulai, sebanyak 71 pasangan itu diarak. Adapun rutenya dimulai dari Pendapa Kabupaten – Jl.Kartini – Jl.Pemuda – Pertigaan BRI Saripan blok kiri – Jl.KH.Moeloki – Jl.Slamet Riyadi – Jl.Ahmad Yani dan finish Pendapa RA Kartini.

Dalam kegiatan itu, Gus Muwafiq mengapresiasi langkah Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Sebab, tak sedikit pasangan yang menikah secara siri kesulitan untuk mendapatkan haknya sebagai warga negara.

Baca juga: Bupati Jepara ‘Nyekseni’ 71 Pasangan Nikah Massal

Kesulitan itu, salah satunya yakni, saat mengurus administrasi kependudukan. Dengan nikah massal itu, mereka sudah bisa mengurus apapun kepada pemerintah.

“Secara agama, nikah itu tuntunan agama. Mereka sudah mengikuti tuntunan agama masing-masing. Tapi kan hidup dalam sebuah negara, ada urusan administrasi kependudukan, hak dan tanggung jawab di pencatatan sipil. Artinya hak-hak itu hilang,” tutur Gus Muwafiq.

Gus Muwafiq menjelaskan, tak jarang ada orang yang tidak peduli dengan aturan pemerintah terkait pernikahan. Untuk itu, pemerintah harus hadir dan menjelaskan aturan itu. Tak hanya menjelaskan, pemerintah juga semestinya memfasilitasi mereka yang ingin taat aturan.

Jepara luar biasa. Karena mampu melaksanakan nikah massal dalam catatan kenegaraan sampai 71 pasang. Ini sebuah prestasi yang luar biasa. Jarang saya menemui seperti ini dengan jumlah yang sangat banyak. Rata-rata cuma 17 atau 15 pasang. Ini prestasi yang luar biasa dari Pak Dian Kristiandi,” jelas Gus Muwafiq.

Setelah melaksanakan akad nikah secara massal ini, para mempelai akan mendapatkan KTP dan KK yang statusnya langsung sudah menikah.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...