Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketiban Rezeki, Sepuluh Keluarga di Pemalang Dapat Program Renovasi Rumah Gratis

Penyerahan simbolis dari Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto ke penerima bantuan RSLH. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pemalang – Sepuluh keluarga di Kabupaten Pemalang ketiban durian runtuh alias ketiban rezeki. Bagaimana tidak, rumah yang mereka tinggali saat ini bakal direnovasi secara gratis.

Tak hanya itu, sarana air bersih, kesediaan listrik, hingga sanitasi yang layak pun ikut dipikirkan dan dilengkapi seiring direnovasinya rumah mereka.

Usut punya usut, ternyata sepuluh keluarga itu terpilih sebagai penerima bantuan program Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH). Program tersebut, merupakan hasil kolaborasi bersama PT Djarum bersama Dinas Perindustrian & Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah.

Seremoni serah terima bantuan dari PT Djarum kepada sepuluh pemilik rumah itu pun dilakukan di Kabupaten Pemalang, Kamis (17/3/2022) dengan dihadiri sejumlah pejabat terkait dan tamu undangan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo menyampaikan, langkah ini merupakan bentuk nyata atas program Penanggulangan Kemiskinan Esktrem (PKE) yang digagas Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 2021 lalu.

Dia pun mengapresiasi peran serta pelaku usaha, dalam hal ini PT Djarum yang membantu melaksanakan program ini melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

“Keikutsertaan pelaku usaha seperti ini sangat dibutuhkan karena pada dasarnya program PKE ini tidak bisa dibiayai secara keseluruhan oleh APBD Pemprov Jateng,” kata dia di sela peresmian.

Adapun, lanjut Arif, dipilih Kabupaten Pemalang karena kabupaten tersebut merupakan satu dari lima kabupaten prioritas pelaksanaan program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) di Jawa Tengah. Batuan seperti ini, sangat diperlukan untuk mempercepat program penghapusan kemiskinan di sana.

Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto mengatakan, keikutsertaan PT Djarum dalam menyukseskan program RSLH merupakan komitmen mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan menaikkan taraf hidup masyarakat.

PT Djarum mengucurkan anggaran sebesar Rp 400 juta guna membiayai renovasi 10 rumah keluarga kurang mampu dengan masing-masing bantuan renovasi untuk setiap rumah berkisar dari Rp 35 juta hingga Rp 42 juta.

Bedah rumah ini juga dioptimalkan agar bangunan tidak hanya layak huni tapi juga kokoh dan elok. “Lalu, kami juga mempekerjakan warga di sekitar lokasi penerima bantuan untuk berperan serta membangun rumah tetangganya tersebut,” tuturnya.

Salah satu penerima bantuan dari program RSLH, Bapak Slamet dari Desa Plakaran Kec. Moga mengatakan ia dan keluarga sangat terbantu dan merasa bahagia menjadi salah satu orang yang terpilih. Sekarang, tempat tinggalnya menjadi jauh lebih layak huni.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...