Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sedang Ramai, Menag Yaqut Rancang Manasik Haji Metaverse

Sedang Ramai, Menag Yaqut Rancang Manasik Haji Metaverse
Ilustrasi. Manasik haji. (Dok/MURIANEWS).

MURIANEWS, Jakarta- Teknologi metaverse saat ini sedang ramai diperbincangkan di indoensia. Bahkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berencana untuk merancag manasik haji metaverse. Hal itu menyusul sudah adanya Kabah metaverse yang di buat oleh Pemerintah Arab Saudi.

Menag Yaqut mengatakan, rencananya manasik metaverse itu dikhususkan bagi para Jemaah haji yang melakukan ibadah di tanah suci. Sehingga, mereka akan lebih mengetahui detail bentuk dan tata cara melakukan ibadah haji.

“Memberikan pelayanan ke jemaah. Ini dikembangkan bukan hanya soal pendaftaran saja. Manasik itu kita laksanakan dengan cara apa tadi Pak Dirjen? Dengan cara-cara metaverse,” kata Yaqut di acara Rakernas Ditjen PHU Kemenag di Pondok Gede, Kamis (17/3/2022).

Baca: Ramai Haji Virtual Melalui Kabah Metaverse, Anda Setuju?

Menurutnya, program manasik menggunakan metaverse itu akan memberikan kesan langsung bagi calon Jemaah. Lantaran secara visual menreka akan nampak hadir langsung dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Kalau manasik yang konvensional kan cuma diceritain. Kita paksa para jemaah membayangkan. Nah kalau kita bisa beradaptasi dengan teknologi, Mereka bisa merasakan di sekeliling kakbah. Bagaimana sa’i, mereka rasakan sendiri,” kata dia.

Tak hanya soal manasik haji, Yaqut mengatakan program Metaverse dimanfaatkan untuk mengajarkan jemaah memanfaatkan sarana dan prasarana lain selama menjalankan umrah. Salah satu contohnya, kata dia, jemaah bisa diajarkan memanfaatkan penggunaan toilet di pesawat hingga memanfaatkan sarana dan prasarana hotel lewat metaverse.

Baca: Perang Inovasi: Tesla Bot dan Metaverse

“Belum lagi gunakan kunci hotel. Ada jemaah haji gelap-gelapan di dalam hotel. Ada yang ngeluh kok lampunya mati. Ternyata kunci (kartunya) gak dimasukkan dalam saklar itu. Ini banyak terjadi. Metaverse itu bisa jadi solusi. Masuk toilet. Cara flush. Pakai kursi kamar hotel. Bisa disiasati,” kata Yaqut.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.