Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pembangunan Pasar Bangsri Jepara Disorot

Pembangunan Pasar Bangsri Jepara Disorot

Proyek pembangunan Pasar Bangsri. (MURIANEWS/istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Pembangunan Pasar Bangsri Jepara disorot aktivis lingkungan setempat. Mereka menilai, banyak kejanggalan proyek infrastruktur di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara itu.

Salah satu aktivis lingkungan Jepara, Didid Endro menyebut, selain perkara AMDAL, pihaknya juga menyoroti banyak pekerjaan yang tidak sesuai dengan perencanaan.

Ia mencontohkan pada ketinggian pasar. Dalam perencanaan tinggi pasar mencapai 20 meter. Namun, saat dikerjakan hanya 18 meter.

Baca juga: Tembok SMPN 1 Bangsri Jepara Ambrol

“Ini artinya ada dugaan penyelewengan. Bayangkan saja, dua meter kali luasan pasar. Sudah besar itu anggaran yang terpangkas,” jelas Didid, Rabu (16/3/2022).

Kemudian, bagian atap sudah banyak yang rusak. Mulai dari lubang kecil hingga atap yang terlepas. Padahal pasar belum difungsikan.

Dengan adanya kejadian ini, Didid menyarankan agar pemrakarsa bertanggung jawab. Selain memperbaiki tembok SMPN 1 Bangsri yang jebol, juga ketidaksesuain lainnya segera dibenahi.

Baca juga: Pasar Bangsri Jepara, Nasibmu Kini

Lalu, Didid juga meminta agar pihak terkait bertanggung jawab terkait dokumen lingkungan. Kalau tidak bisa memenuhinya, harus disanksi sesuai aturan yang ada.

“Pemkab Jepara ini kan, sedang pro investasi. Artinya ada banyak proyek pembangunan skala besar,” ujarnya.

“Kalau proyek yang dijalankan pemerintah sendiri saja tak dilengkapi dokumen AMDAL, bagaimana dengan bangunan-bangunan seperti pabrik yang sedang dikerjakan,” lanjutnya.

“Artinya melegitiasi investasi tanpa AMDAL. Dan ini bukti dampak pembangunan tanpa memperhatikan asas lingkungan itu,” imbuh Didid.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.