Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Berkendara Sepeda Motor di Jalan Sempit

Ini Tips Berkendara Sepeda Motor di Jalan Sempit
Foto: Ilustrasi pengendara motor lewat jalan sempit (federaloil.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Saat berkendara sepeda motor, tidak selalu melewati jalan yang mulus. Adakalanya, kita harus melintasi kondisi jalan rusak, tanjakan, tikungan, hingga penuh genangan air.

Tidak jarang, saat berkendara juga harus melewati jalan yang sempit. Seperti yang ada di kota-kota besar, banyak pemukiman penduduk yang akses jalannya sempit.

Nah, berikut merupakan tips berkendara sepeda motor di jalan sempit yang bisa Anda terapkan, seperti dilansir dari Astra Motor:

Baca juga: Ini Cara Aman Berkendara Sepeda Motor saat Kehilangan Jarak Pandang

1. Tetap Berada di Jalur Kiri

Bagi Anda yang sedang berkendara sepeda motor di jalan sempit, maka usahakan Anda tetap berada di jalur kiri. Jalan sempit biasa ada di pedesaan, pegunungan atau gang-gang.

Dalam kondisi ini sebaiknya Anda tetap berada di jalur kiri untuk memberikan kemudahan pengendara motor dalam arah lain untuk melalui jalan yang sama. Dengan tetap menggunakan jalur kiri maka Anda sudah sangat aman dalam menghadapi segala belokan dan persimpangan dengan motor lain.

Penggunaan jalur kiri memang menjadi keputusan yang sangat bijak bagi pengendara sepeda motor.

2. Menjaga Jarak

Jika Anda berkendara, penting bagi Anda selalu menjaga jarak demi keselamatan dalam berkendara. Banyak jalan yang mengharuskan Anda menjaga jarak seperti turunan, tanjakan dan belokan.

Menjaga jarak menjadi teknik berkendara yang aman diterapkan. Selain itu, menjaga jarak akan membantu Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti nabrak motor yang ada di depan Anda dan lain sebagainya.

Menjaga jarak merupakan keputusan terbaik yang bisa Anda terapkan dalam berkendara di jalan sempit.

3. Mendinginkan Sistem Pengereman

Jika Anda sedang melewati jalan sempit berbelok atau tanjakan dan turunan, maka penting bagi Anda mendinginkan sistem pengereman motor Anda. jika Anda melewati jalan dengan kondisi tersebut maka sebaiknya Anda berhenti sejenak untuk mendinginkan sistem pengereman Anda.

Ada beberapa kasus yang sering terjadi jika tidak mendinginkan sistem pengereman yakni rem yang terbakar sehingga fungsi pengereman terganggu dan membuat rem jadi blong. Sehingga penting bagi Anda selalu berhenti sejenak agar system pengereman Anda dingin.

4. Mengontrol Kecepatan

Jika Anda sedang berkendara sepeda motor di jalan sempit, maka sebaiknya Anda tetap mengontrol kecepatan Anda. walaupun sepi, mengontrol kecepatan sangat penting Anda terapkan dalam berkendara di jalan sempit.

Banyak kecelakaan yang biasa disebabkan pengendara tidak mengontrol kecepatan dalam berkendara. Biasanya, jalan sempit sering banyak anak-anak bermain atau orang yang lalu lalang. Dengan mengontrol kecepatan maka Anda akan aman selama melewati jalan sempit.

5. Hindari Melewati Jalan Sempit pada Malam Hari

Anda sebagai pengendara sepeda motor sebaiknya menghindari melewati jalan sempit pada malam hari. Biasanya jalan sempit minim penerangan sehingga jarak pandang Anda akan terbatas. Jika Anda terpaksa harus melewati jalan sempit pada malam hari, pastikan ada barengan untuk melalui jalan sempit tersebut dan jangan sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tips berkendara sepeda motor di jalan sempit. Semoga artikel ini dapat mempermudah Anda dalam melewati jalan sempit dengan menggunakan sepeda motor. Dengan menerapkan hal diatas maka Anda akan terselamatkan keamanannya dalam berkendara di jalan sempit.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.