Kamis, 28 Maret 2024

Bhre Cakrahutomo Resmi Dinobatkan Jadi KGPAA Mangkunagoro X

Murianews
Sabtu, 12 Maret 2022 14:39:08
[caption id="attachment_277624" align="alignleft" width="1890"]Bhre Cakrahutomo Resmi Dinobatkan Jadi KGPAA Mangkunagoro X Foto: Presiden Jokowi berbincang dengan Mangkunagoro X setelah memberikan ucapan selamat (Solopos/Kurniawan)[/caption]

MURIANEWS, Solo- GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo secara resmi sudah dinobatkan menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X, Sabtu (12/3/2022). Penobatan dilaksanakan melalui prosesi Jumenengan Dalem yang dilakukan sekitar pukul 10.14 WIB di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran Solo.

Dikutip dari Solopos.com, pengukuhan Bhre sebagai KGPAA Mangkunagoro X dilakukan dengan pembacaan piagam pengukuhan oleh Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX Prisca Marina.

Usai pembacaan, piagam pengukuhan diserahkan kepada Bhre yang telah resmi menjadi KGPAA Mangkunagoro X. Dari Bhre, piagam itu lantas diberikan kepada abdi dalem.

Baca juga: Kota Surakarta Ternyata Pernah Jadi Daerah Istimewa di Era Kemerdekaan, Begini Sejarahnya

Setelah itu, prosesi berlanjut dengan pemakaian keris Pusaka Dalem, Kanjeng Kiai Wangkingan. Berikutnya, KGPAA Mangkunagoro X menyampaikan Sabda Dalem.

Sebelumnya diberitakan, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo telah ditunjuk sebagai penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran. Bhre menggantikan ayahnya, KGPAA Mangkunagoro IX, yang meninggal dunia pada 13 Agustus 2021. Bhre yang merupakan alumnus Universitas Indonesia adalah figur muda berusia 24 tahun dan masih lajang.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) datang langsung ke Pura Mangkunegaran Solo untuk memberikan ucapan selamat kepada GPH Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang telah dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X. Jokowi hadir di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran sekitar pukul 11.53 WIB.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru tua. Mobil yang dinaiki Presiden Jokowi berhenti di sisi timur Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran. Prameswari Dalem KGPAA Mangkunagoro IX, Prisca Marina, menyambut langsung Jokowi di dekat pemberhentian mobil orang nomor satu di negeri ini. Setelah itu mereka berjalan menuju ke tempat KGPAA Mangkunagoro X duduk.

Setelah itu Jokowi langsung bertemu dengan Bhre dan memberikan ucapan selamat dengan tangan mengatup ke arah Bhre. Kemudian Jokowi juga menyapa Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X  dan Raja Keraton Solo SISKS Paku Buwono XIII yang duduk di sebelah barat dari tempat duduk Mangkunagoro X.

Sedangkan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum tampak hadir di Pura Mangkunegaran hingga Sabtu tengah hari ini. Kemungkinan, Gibran masih butuh istirahat setelah sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di Loji Gandrung.

 

 

 

Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: solopos.com

Baca Juga

Komentar