Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Syarat Tes PCR Dicabut, Wisatawan ke Karimunjawa Meningkat

Syarat Tes PCR Dicabut, Wisatawan ke Karimunjawa Meningkat
Surat-surat penyeberangan para penumpang dikoreksi pihak kapal. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Usai pencabutan syarat tes PCR dan Antigen bagi pelaku perjalanan, jumlah wisatawan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pun melejit.

Hal itu disampaikan Jefri, Manajer Kapal Ekspress Bahari Cabang Jepara, Jumat (8/3/2022). Hari ini tak seperti hari-hari yang lalu. Penumpang kapal melonjak tajam.

“Hari ini penumpang full 70 persen dari kapasitas. Ada 285 penumpang. Biasanya, kalau Jumat biasanya maksimal 150an orang. Tapi ini penuh,” terang Jefri.

Baca juga: Ke Karimunjawa Jepara Tak Lagi Pakai Tes PCR

Jefri mengatakan, peningkatan jumlah penumpang juga dikarenakan tidak beroperasinya Kapal Siginjai. Sebab, kapal tersebut sedang didocking atau diperbaiki sejak awal Maret ini.

Dia menyebut, dicabutnya syarat tes PCR dan antigen sangat penting. Pasalnya, calon penumpang akan lebih antusias karena tak harus menambah biaya tambahan untuk tes PCR atau antigen.

Diketahui, perubahan aturan itu berdasarkan Surat Edaran Dinas Perhubungan Nomor 552.1 /443 /2022 tentang ketentuan perjalanan orang lintas penyeberangan Jepara-Karimunjawa.

Disebutkan calon penumpang yang sudah divaksin dua kali tidak perlu menunjukkan hasil tes PCR atau rapid antigen.

Namun, bagi calon penumpang yang baru vaksinasi dosis pertama, tetap wajib menunjulkan hasil tes PCR dengan masa berlaku 3 x 24 jam. Sedangkan untuk rapid antigen, masa berlakunya 1 x 24 jam.

“Beberapa penumpang masih ada yang pakai rapid antigen atau PCR. Karena mereka belum divaksin 2 kali ata tiga kali. Kalau yang sudah dua kali vaksin, kami tak minta surat PCR atau antigennya,” jelas Jefri.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...