Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ribuan Hektare Sawah di Kudus Rasakan Dampak Logung

Areal persawahan di Kecamatan Mejobo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Ribuan hektare persawahan di Kecamatan Jekulo, dan Mejobo di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mulai merasakan dampak positif adanya Bendungan Logung Kudus. Peningkatan produktivitas pun mulai dirasakan di sejumlah titik.

Sub Koordinator Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Arin Nikmah menyampaikan, ada 500-an hektare area persawahan yang kini bisa menanam padi sebanyak tiga kali dalam setahun.

Padahal sebelumnya, mereka hanya bisa menanam padi sebanyak dua kali masa tanam saja.

“Dampaknya sudah bisa dirasakan. Ke depan mungkin akan lebih luas lagi bila ada penambahan jaringan irigrasi,” kata dia, Kamis (10/3/2022).

Baca: Air Baku Bendungan Logung Belum Bisa Dimanfaatkan, Ini Sebabnya

Arin menambahkan, pada tahun 2021 sendiri sudah ada sebanyak  3.800 hektare area persawahan yang telah diairi dengan menggunakan cadangan air Logung. Sementara target luasan lahan yang bisa diairi adalah sebesar 5.800 hektare.

“Tentu pemerintah daerah akan mengupayakan semaksimal mungkin agar manfaat adanya bendungan tersebut bisa dirasakan lebih besar lagi,” pungkasnya.

Baca: Viral Ikan Seberat 12 Kg Ditemukan di Waduk Logung Kudus, Warganet Kaitkan Hal Mistis

Untuk diketahui, Lahan seluas 3.800 hektare tersebut tersebar di Kecamatan Mejobo dan Jekulo. Luasan terbesar, berada di Kecamatan Jekulo yang menyebar di tujuh desa, sementara di Mejobo tersebar di empat desa.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus kini juga tengah melirik Logung sebagai sumber air baku untuk ke depannya.

Bendungan yang mulai dibangun pada tahun 2014 itu diperkirakan bisa menyuplai air baku mencapai 200 liter per detik. Jumlah tersebut pun bisa menambah pelanggan baru hingga 12.000 sambungan rumah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...