Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Persipura Jayapura Dijatuhi Hukuman Pengurangan Nilai dan Denda Oleh Komdis PSSI

Persipura Jayapura

Tim Persipura Jayapura dihukum Komdis PSSI. (Grafis)

MURIANEWS, Jakarta- Tim Persipura Jayapura akhirnya dijatuhi sejumlah sanksi oleh Komdis (Komite Disiplin) PSSI. Tim Liga 1 asal Papua ini mendapatkan sanksi kalah 0-3, pengurangan nilai 3 poin dan denda sebesar Rp250 juta.

Hukuman ini diberikan setelah Komdis PSSI menggelar sidang pada Selasa (8/3/2022) malam di Jakarta. Selain hukuman itu, Komdis PSSI juga mengganjar Manajer Persipura, Ridwan ‘Bento’ Madubun dengan hukuman larangan beraktivitas di sepak bola nasional selama 12 bulan dengan denda sebesar Rp50 juta.

Hukuman pada Persipura ini diberikan setelah mereka tidak bersedia bertanding di Liga 1 saat berhadapan dengan Madura United. Saat itu Persipura beralasan pemainnya tidak lengkap karena adanya serangan covid-19 di tim mereka.

Khusus pada Ridwan ‘Bento’ Madubun, hukuman diberikan karena orang ini dinilai berperan kuat sehingga membuat laga Persipura vs Madura United gagal digelar. Diluar itu, Komdis juga memberikan sanksi denda Rp250 juta kepada PT LIB karena dinilai tidak bisa menjalankan regulasi kompetisi.

Meskipun sudah ditetapkan dalam sidang Komdis PSSI pada Selasa (8/3/2022) malam, keputusan ini baru disampaikan ke public, Rabu (9/3/2022). Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing menyatakan hal itu dilakukan sebagai kebijakan PSSI.

BACA JUGA: Persipura ‘Mangkir’ ke Stadion, Laga Tunda BRI Liga 1 Dibatalkan

“Kami sudah putuskan perkara Persipura ini tadi [Selasa, 8/3] malam. Sudah kami berikan keputusannya kepada PSSI. Biar PSSI yang merilis hasil sidang Komdis,” kata Erwin Tobing, Rabu (9/3/2022).

Hukuman yang dijatuhkan untuk Persipura sendiri, bisa dikatakan lebih ringan dari ancaman yang terdapat di Regulasi Kompetisi Liga 1. Sebab jika didasarkan pada regulasi, hukumannya adalah pengurangan sembilan poin dan sanksi Rp1 miliar.

“Tadi malam setelah selesai sidang, hasilnya sudah dikirim ke klub [Persipura] dan ke LIB. [Dokumen sanksi] sesuai yang saya tandatangani benar, karena itu hasil pemeriksaan kepada banyak saksi,” ujarnya menambahkan.

Persipura dapat mendapatkan sanksi lebih ringan karena dinilai menerapkan prinsip kehati-hatian. PT LIB sendiri melaporkan kasus Persipura tak datang bertanding di pertandingan liga ke Komdis pada 23 Februari 2022.

Pertandingan antara Persipura Vs Madura United, dijadwalkan berlangsung pada 21 Febuari 2022. Namun akhirnya tidak bisa digelar lantaran Persipura tidak datang ke Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Alasannya, sejumlah pemain Persipura terpapar Covid-19.

Dalam tes ulang pada 21 Februari 2022, hasilnya 21 pemain Persipura dinyatakan negatif, 6 pemain dan 3 ofisial positif. Sehingga PT LIB menegaskan laga tetap harus digelar, sesuai dengan regulasi yang ada. Namun Persipura tetap tidak hadir di stadion.

Dengan turunya keputusan Komdis PSSI ini, maka poin Persipura kini menjadi 23 dari awalnya 26. Namun mereka tetap berada di posisi ke-16 (zona degradasi) di Klasemen Sementara Liga 1.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.