Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Tiga Desa Pati

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Tiga Desa Pati
Banjir di Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Bencana banjir melanda tiga desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Selasa (8/3/2022). Tiga desa tersebut Desa Ketitang Wetan, Kuniran, dan Ngening, Kecamatan Batangan.

Sebanyak 800 rumah di tiga desa itu banjir sejak pukul 03.00 WIB. Tak hanya itu, ratusan hektare sawah siap panen juga terancam puso akibat terendam banjir.

“Ada sekitar 800 rumah di desa ini yang mengalami kebanjiran, yang terparah di Ketitang Wetan. Sekitar 100 hektare sawah juga terancam puso,” tutur warga Ketitang Wetan, Syamsuddin.

Baca juga: 8 Kecamatan di Klaten Kebanjiran, 101 Warga Sempat Ngungsi

Ia menduga banjir terjadi akibat pendangkalan Sungai Gagap atau Kali Ombo yang melintas di desa-desa tersebut. Akibatnya saat intensitas hujan tinggi, debit air tak mampu ditampung dan meluap ke permukiman warga.

Syamsuddin menduga pendangkalan sungai yang bermuara ke laut jawa itu mengalami pendangkalan sudah bertahun-tahun. “Dulu lebarnya 20 meter sekarang tinggal sekitar 5 meteran,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, pendirian pabrik sepatu di Kecamatan Batangan juga disinyalir memperparah banjir. Tembok-tembok pabrik yang baru dibuat ini membuat aliran air tertahan dan tidak bisa mengalir dengan lancar.

“Kami berharap pabrik membuat embung resapan air, sehingga tidak sampai air ke pemukiman,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Desa Ketitang Wetan, Ali Munthoha menambahkan, kedalaman banjir yang merendam bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 80 cm. Banjir ini masuk ke beberapa rumah warga dengan kedalaman mencapai 20 cm.

“Ini warga sudah mulai meningikan barang-barangnya. Tetapi masih bertahan. Yang paling parah di Rt 1/2 sama RT 3/2,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...