Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Setelah Minyak Goreng, Harga Cabai di Kudus Ikut Mahal

Pedagang cabai di Pasar Bitingan Kudus melayani pembeli, Senin (7/3/2022). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Setelah minyak goreng yang harganya sempat melejit dan hilang dari pasaran, kini giliran harga cabai di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mahal. Kenaikan harga bahkan mencapai 50 persen.

Dari pantauan di Pasar Bitingan Kudus, sejumlah pedagang sayur mulai menaikkan harga cabai sejak beberapa hari terakhir. Ini disebabkan, harga kulak pedagang juga sudah naik karena stoknya terbatas.

Aslimah, pedagang sayur di Pasar Bitingan Kudus, mengatakan kenaikan harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting sudah terjadi sejak sepekan lalu.

Harga cabai rawit merah awalnya Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. Namun, saat ini harganya sudah mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 85 ribu.

“Tidak tahu penyebabnya kenapa. Tetapi memang untuk kulak saat ini juga sulit,” katanya, Senin (7/3/2022).

Dia menambahkan, konsumen juga mengurangi jumlah pembelian. Yakni dari yang biasanya membeli 1/2 kilogram kali ini hanya membeli 1/4 Kilogram.

“Terkadang ada yang beli ukuran ons-ons nan tidak sampai satu kilogram,” ungkapnya.

Baca: Nusron Singgung `Menteri Dungu` Terkait Kelangkaan Minyak Goreng

Hal yang sama juga terjadi di harga cabai merah keriting yang saat ini menyentuh Rp 45 ribu hingga Rp 46 ribu per kilogram. Harga tersebut jauh lebih tinggi dari harga sebelumnya sebesar Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu.

“Kenaikannya 50 persen sejak sepekan yang lalu. Biasanya menjelang Ramadan harganya bisa naik lagi,” terangya.

Baca: Harga Cabai di Boyolali Mulai Melejit, Sekilo Tembus Rp 70 Ribu

Kenaikan harga cabai juga diungkapkan oleh pedagang Pasar Bitingan Kudus lainnya, Tutik Asiani. Dia mengatakan harga cabai rawit merah saat ini mencapai Rp 70 ribu.

“Sebelumnya Rp 40 ribu. Kenaikannya sudah sejak sepekan ini. Kalau merah keriting saat ini mencapai Rp 42 ribu dari yang sebelumnya Rp 25 ribu,” ujarnya.

Dia berharap agar harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting bisa normal kembali. Sehingga tidak membebani rakyat kecil.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...