Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Bisnis dengan Modal Kecil yang Bisa Dijalankan di Rumah

Ini Bisnis dengan Modal Kecil yang Bisa Dijalankan di Rumah
Foto: Ilustrasi bisnis laundry (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Bisnis rumahan saat ini makin diminati dengan beberapa alasan. Antara lain, bisa dijalankan di rumah sehingga tidak begitu mengganggu aktivitas rutin harian.

Disamping itu, bisnis rumahan bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Sehingga tidak perlu harus repot mencari modal, seperti mengajukan utang ke lembaga perbankan.

Meski demikian, masih banyak juga orang yang bingung untuk menentukan jenis bisnis rumahan ini. Padahal, modal dan keinginan untuk memulai bisnis sudah ada.

Baca juga: Bisnis Digital dari Rumah, Akbar Wicaksono Bisa Raih Penghasilan Bak Sultan

Nah, bagi Anda yang masih bingung, berikut ini ada beberapa macam bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa dijalankan, seperti dilansir dari Solopos.com.

1. Menjual Makanan Ringan

Makanan ringan merupakan bisnis sederhana tetapi mendapatkan banyak minat konsumen, bisnis ini juga dapat diproduksi secara mandiri ataupun menggunakan produksi perusahaan lain. Bisnis makanan ringan cenderung fleksibel karena bisa dilakukan secara online, jika keadaan lingkungan rumah tidak memungkinkan mendapatkan konsumen yang banyak.

Melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain, bisnis penjualan makanan ringan dapat berkembang dengan cepat dan menemukan target pasar yang luas dari penjuru daerah. Modal yang digunakan juga cukup sedikit, cobalah untuk menjual dalam skala kecil terlebih dahulu lalu dikembangkan jika sudah mendapatkan keuntungan yang banyak.

2. Membuka Warung Makan Sederhana

Seringkali dalam lingkungan tertentu warung makan sederhana di depan rumah sangat banyak dilakukan. Warung makan di daerah perumahan bisa menjadi alternatif makanan yang akan dibeli oleh keluarga yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat untuk memasak, selain itu keberadaan warung makan juga bisa dijadikan tempat untuk berkumpul para pelanggan sekitar.

Modal yang digunakan dalam bisnis ini juga fleksibel, jika ingin mengembangkan bisnis skala rumahan sederhana modal yang dipergunakan tidak akan terlalu banyak.

3. Bisnis Catering

Jika mengembangkan rumah makan akan membutuhkan lokasi tertentu, bisnis catering cenderung bisa dilakukan dimana saja tanpa pertimbangan lokasi. Hal tersebut dikarenakan bisnis catering hanya memerlukan ruangan untuk memasak dan hasil masakan akan dibawa ke lokasi konsumen masing-masing.

Bisnis catering ini juga ada berbagai macam mulai dari makanan ringan, makanan berat, kue, hingga snack boks. Sekarang ini banyak yang memerlukan jasa catering ini untuk mencukupi kebutuhan makanan suatu instansi maupun acara, inilah yang menjadi peluang terbukanya bisnis catering.

4. Jasa Laundry Kiloan

Jasa laundry sangat dibutuhkan baik di lingkungan perumahan, desa, maupun kota-kota besar. Konsumen biasanya memerlukan jasa untuk mencuci yang praktis, terutama untuk orang-orang yang sibuk.

Jasa laundry dimana saja akan mendapatkan konsumen karena dibutuhkan dalam mencuci beberapa barang yang sukar dilakukan sendiri.

Laundry juga bisa disesuaikan berupa kiloan dan bijian, jika memilih menjalakan bisnis dengan kiloan, upah akan dihitung berdasarkan timbangan, sedangkan bijian upah dihitung dalam satuan barang.

Selamat mencoba bisnis rumahan ya.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...