Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Doyan Makanan Jepang? Cobain Takoyaki di Kudus Ini

Takoyaki di Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Masyarakat Kudus yang doyan makan takoyaki dapat mencoba makanan khas Jepang ini. Harganya juga terjangkau.

Lokasinya di halaman toko retail modern yang terdapat di Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Diketahui, takoyaki yang merupakan makanan Jepang yang bentuknya bulat. Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu.

Isian takoyaki berupa gurita yang sudah direbus. Takoyaki yang sudah matang biasanya disiram dengan saus dan mayones.

Olivia Permatasari, pembuat takoyaki asal Kudus menjelaskan rasa takoyaki hampir mirip dengan martabak telur.

“Perbedaannya itu kalau di Jepang isiannya menggunakan gurita. Kalau di Indonesia isian takoyakinya lebih variatif,” katanya, Sabtu (5/3/2022).

Baca: Soto Kerbau Kudus, Kuliner Sarat Akulturasi Budaya

Dia menjelaskan, isian takoyaki yang dijual di Indonesia biasanya berupa bakso, sosis ayam, kepiting, keju, dan lainnya. Olivia sendiri sejauh ini sudah menekuni usaha takoyaki selama 3,5 tahun.

Bagi Olivia, membuat takoyaki amatlah mudah. Bahan utamanya hanya tepung terigu, air dan telur. Sedangkan bahan pelengkapnya yakni daun bawang dan isian takoyaki.

Topping yang disediakan beragam. Mulai dari kecap asin, mayones, rumput laut, saus pedas, serbuk cabai, dan katsuobushi. Yakni topping dari daging ikan cakalang asap serut.

“Cara memasaknya sederhana. Ketika adonan bahan utama dan bahan pelengkap sudah dicampur, selanjutnya bisa ditaruh ke cetakan yang sudah diberi minyak,” terangnya.

Baca: Dolan ke Pangandaran Kurang Lengkap Tanpa Cicipi Kuliner Khas Nasi Liwet Jolem

Dia menambahkan, setelah tiga hingga lima menit, takoyaki itu dibolak balik. Setelah warnanya kecoklatan takoyaki siap diangkat.

“Untuk harganya juga variatif. Satu porsi berisi enam takoyaki dengan isian gurita dan cumi-cumi harganya Rp 13.500. Kalau mau isian selain gurita dan cumi harganya Rp 12 ribu. Kalau porsi yang isinya sembilan takoyaki harganya Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.