Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat, Sering Kehabisan Bensin Punya Dampak Buruk Terhadap Motor

Catat, Sering Kehabisan Bensin Punya Dampak Buruk Terhadap Motor
Foto: Ilustrasi bensin habis (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Bensin merupakan syarat yang wajib ada agar sepeda motor bisa dipakai. Oleh sebab itu, ketersediaan bensin harus dipastikan selalu ada supaya aktivitas di perjalanan tidak terganggu.

Meski demikian, ada kalanya pengendara motor sempat mengalami kehabisan bensin di perjalanan. Jika dekat dengan tempat orang jual bensin atau SPBU, kondisi ini tentu tidak begitu masalah.

Namun, kalau situasinya jauh dari tempat jual bensin maka urusannya jadi sedikit ribet. Tentunya, kita butuh bantuan orang lain atau bahkan harus mendorong motor sendiri hingga menemukan tempat jual bensin.

Baca juga: Motor Sering Gonta-ganti Jenis Bahan Bakar, Ini Dampaknya

Disisi lain, kehabisan bensin ini ternyata punya dampak buruk pada sepeda motor. Berikut ini, dampak buruk pada motor jika sering kehabisan bensin, seperti dikutip dari Astramotor.

1. Tangki Motor Anda Bisa Berkarat

Tangki motor yang sering kehabisan bensin akan memberikan dampak yang kurang baik. Hal itu dikarenakan jika tangki bensinnya sering kering atau kosong, maka permukaannya akan mudah berkarat.

Untuk mengatasi hal semacam ini, Anda sangat dianjurkan untuk mengisi tangki motor dengan bahan bakar yang penuh, atau setidaknya cukup untuk merendami tangki motor Anda tersebut.

2. Adanya Endapan Kotoran di Bahan Bakar

Jika tangki motor Anda sudah karatan, maka lama-lama karat tersebut akan terendap dan mengotori bahan bakar. Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, maka Anda sangat disarankan untuk menguras tangkinya terlebih dahulu. Hal semacam ini juga bisa terjadi pada motor yang sudah sangat lama tidak digunakan.

Demi keamanan, Anda bisa melakukan pengurasan tangki di bengkel resmi. Adapun pengurasan tangki motor ini sendiri bertujuan agar bahan bakar yang diisikan selanjutnya tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya terendap di dalam tangki.

3. Fuel Pump Bisa Terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada di dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump. Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya bisa membuat motor Anda ngadat dan mogok alias tidak mau dinyalakan mesinnya.

4. Masalah Hingga ke Karburator atau Injektor

Masalah pada motor akibat kebiasaan membiarkan tangki motor ternyata bisa menjadi hal yang sangat serius. Ketika fuel pump sudah tergaggu akibat adanya karat dan kotoran, maka hal ini bisa menyebar hingga menggangu kinerja karburator ataupun injektor.

Padahal karburator dan injektor ini merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pembakaran bahan bakar motor Anda. Jika bagian ini kerjanya terganggu, maka Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana akibatnya terhadap motor kesayangan Anda.

Demikianlah beberapa akibat buruk dari kebiasaan sering kehabisan bahan bakar atau membiarkan tangki motor Anda kering tanpa isi. Banyak sekali penyebab tangki motor kering dari bahan bakar. Mungkin karena kesibukan beraktivitas sehari-hari akhirnya Anda lupa bahwa bahan bakar di tangki motor Anda sudah habis. Atau mungkin juga karena Anda berniat irit dan pelit dalam menganggarkan bujet untuk pengeluaran bahan bakar.

Namun yang jelas, membiarkan tangki motor sering kali kehabisan bensin bukanlah suatu kebiasaan yang baik. Agar tangki motor Anda terbebas dar endapan karat dan kotoran, pastikan Anda selalu mengecek kondisi bahan bakarnya. Jangan sampai Anda kehabisan bahan bakar, karena selain akan berdampak buruk pada motor, hal ini juga akan menghambat aktivitas dan mobilitas Anda.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.