Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dolan ke Pangandaran Kurang Lengkap Tanpa Cicipi Kuliner Khas Nasi Liwet Jolem

Dolan ke Pangandaran Kurang Lengkap Tanpa Cicipi Kuliner Khas Nasi Liwet Jolem

Foto: Nasi liwet Jolam khas Pangandaran (tourism.pangandarankab.go.id)

MURIANEWS, Kudus- Buat Anda yang berkesempatan dolan ke Pangandaran, Jawa Barat, jangan hanya menikmati wisatanya saja. Ada baiknya, Anda juga mencicipi kuliner khas di Kabupaten Pangandaran.

Ada banyak menu kuliner khas di Pangandaran. Salah satunya adalah kuliner nasi liwet Jolem dari Kecamatan Cijulang.

Dilansir dari laman tourism.pangandarankab.go.id, keunikan nasi liwet ini terletak pada bahan-bahan yang menjadi campuran dalam memasaknya. Umumnya nasi liwet biasa dimasak dengan tambahan ikan asin seperti ikan peda, jambal atau ikan teri.

Baca juga: Melihat Keindahan Gua Parat Pangandaran yang Ada di Kawasan Hutan Lindung

Namun, untyyuk nasi liwet Jolem dimasak bersama jantung pisang didalam bahannya. Jantung pisang yang digunakan pun tidak sembarangan, dan hanya jantung pohon pisang tertentu yang bisa digunakan karena memiliki rasa yang enak dan gurih bila dimasak seperti jantung pisang kepok dan pisang siem.

Nasi liwet jolem ini biasanya dihidangkan dengan lauk pauk seperti ikan mujaer ataupun ikan mas. Nasi liwet Jolem akan terasa lebih nikmat bila dipadu dengan pencok kacang panjang yang pedas dan segar.

Tidak semua rumah makan di Pangandaran menyajikan menu nasi liwet Jolem. Bagi para wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas dari Kabupaten Pangandaran ini tidak perlu khawatir.

Pasalnya, di sepanjang jalan menuju destinasi wisata Green Canyon ataupun Pantai Batukaras banyak rumah makan yang menyediakan menu nasi liwet Jolem dengan cita rasa dan racikan yang khas dan berbeda dengan kuliner lain yang ada di Pangandaran.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: tourism.pangandarankab.go.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.