Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Warga Blora Diimbau Waspadai Penyakit Musim Penghujan

Warga Blora Diimbau Waspadai Penyakit Musim Penghujan
Kepala Dinkes Blora, Edi Widayat. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bermacam penyakit menular yang datang di musim penghujan.

Kepala Dinkes Blora, Edi Widayat mengatakan penyakit menular yang muncul di musim penghujan perlu diwaspadai. Ia pun meminta warga untuk tak ragu segera berobat saat gejala dan sakit tak kunjung sembuh.

“Selain waspada COVID-19, pada saat musim penghujan, diingatkan warga masyarakat waspada penyakit menular. Tetap menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Baca juga: Fenomena Hujan Es Diprediksi Masih Berlangsung Hingga Maret-April

“Jika mengalami gejala dan sakit yang tak kunjung sembuh segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan terdekat,” lanjut Edi, Senin (1/03/2022).

Ia mengatakan, kewaspadaan tinggi harus dilakukan warga yang tinggal di daerah rawan banjir. Sebab, ada penyakit yang ditularkan dari kotoran binatang dan terbawa genangan air.

Penyakit juga bisa datang dari lingkungan yang kurang sehat atau tidak diperhatikan kebersihannya. Seperti, diare, penyakit kulit, hingga penyakit yang mengganggu pencernaan.

Baca juga: Fenomena Hujan Es Landa Sebagian Wilayah di Jateng, Begini Penjelasan BMKG

“Saat banjir, ketersediaan air bersih biasanya terbatas, baik untuk kebutuhan minum maupun sanitasi, dan kebersihan makanan yang kurang terkontrol menjadi faktor potensial terkena penyakit-penyakit tersebut,” terangnya.

Sedangkan Demam Berdarah, Leptospirosis, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang dibawa dan ditularkan melalui binatang.

“Demam berdarah merupakan momok yang patut diwaspadai setiap saat musim hujan, karena akan terdapat genangan air dan memicu berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti,” tegasnya.

Baca juga: Doa dan Tindakan Rasulullah saat Hujan Deras dan Angin Kencang

Untuk Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui tikus lewat kencing yang terbawa genangan air. Selanjutnya penyakit ISPA disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya.

“Untuk mencegah berbagai macam penyakit saat musim hujan, masyarakat diharapkan senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup dan melakukan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas, serta senantiasa menjaga kenbersihan lingkungan,” jelasnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...