Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ikan Koi Milik Pria di Kudus Ini Benar-Benar Penarik Cuan

Rio Hananta Wisnu tengah merawat ikan-ikan koi miliknya. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pria di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Bernama Rio Hananta Wisnu Wardana (27) ini benar-benar merasakan cuan melimpah dari ikan koi yang dibudidayakannya.

Ikan koi yang diternak Warga Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, ini bisa menarik keuntungan yang menggiurkan. Dari satu ikan koi saja ia bisa menjual dengan harga jutaan.

Berawal dari hobi, Rio kini pun menggeluti ternak dan bisnis ikan koi ini. Terlebih saat ini peminat ikan hias semakin banyak.

Ia menceritakan, bisnis ikan koi yang saat ini digelutinya berawal sejak tiga tahun lalu. Saat itu dirinya hanya memiliki enam ekor ikan koi yang dipelihara untuk mengisi waktu luang di tengah kesibukannya bekerja.

Namun saat itu ada yang meminati ikannya dan berani menawar dengan memberi keuntungan yang menggiurkan.

“Dari enam ikan koi yang saya beli Rp 300 ribu, salah satunya ada yang terjual. Waktu itu baru merawat sekitar dua bulan dan laku Rp 150 ribu satu ekor ikan koi jenis kohaku,” katanya, Senin (28/2/2022).

Pembesaran ikan koi di kolam tanah milik Rio Hananta Wisnu. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Melihat peluang bisnis yang menjanjikan itu, akhirnya ia mencoba kulakan ikan koi dari berbagai daerah untuk kemudian dijual kembali. Ikan koi tersebut didapatkannya dari berbagai daerah seperti Blitar hingga Tulungagung di Jawa Timur.

Lambat laun, Rio yang ingin memperbesar bisnis ikan koinya kemudian mencari bibit-bibit ikan koi yang masih berukuran cukup kecil. Ikan koi yang berukuran 5-7cm yang didapatkanya, lantas dilakukan pembesaran di kolam yang ia miliki.

Baca: Cuan dari Hobi Ikan Koi, di Kudus Ada yang Laku Rp 40 Juta

Di sela-sela pembesaran, Rio juga coba untuk membudidayakan ikan koi sendiri. Hanya saja memang, usaha tersebut belum sepenuhnya berhasil, masih ada telur-telur yang belum menetas dengan maksimal.

“Saat ini pembesaran bibit masih berjalan. Nyoba ternak sendiri, mijah telur sendiri, tapi ternyata masih ada erornya dan telurnya belum menetas maksimal,” ucapnya.

Saat ini Rio sudah memiliki tiga kolam di tanah berukuran cukup besar 7 meter x 40 meter yang digunakan untuk pembesaran bibit. Jumlah ikannya pun cukup banyak, ada sekitar 1.500 ekor ikan koi berbagai jenis dan ukuran di tiga kolam tersebut.

“Total sama kolam lain, ada sekitar 2.000-an ekor. Ada jenis kohaku, showa, shanke, hiutsuri, platinum, ginrin, dan masih banyak jenis lainnya,” jelasnya.

Baca: Merawat Ikan Koi Tak Boleh Sembarangan, Ini Tipsnya

Hasil budidaya dan pembesaran ikan koi miliknya akan mulai diperjual belikkan saat koi sudah berukuran minimal 15 cm.

“Harga tergantung ukuran dan kualitas ikan. Saat ini yang saya jual mulai Rp 25 ribu – Rp 6 juta,” terangnya.

Selama ini ia sudah mampu menjual ikan koi hasil pembesaran dan budidayanya hingga berbagai daerah. Seperti, Jakarta, Bekasi, Pamekasan, Banyuwangi, Jember, Manado, hingga Balik Papan.

“Pemasarannya lewat online baik Instagram, Facebook, ataupun grup-grup WhatsApp,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.