Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tauco, Kuliner Khas Cianjur yang Perlu Dicicipi saat Jalan-Jalan ke Sana

Tauco, Kuliner Khas Cianjur yang Perlu Dicicipi saat Jalan-Jalan ke Sana

MURIANEWS, Kudus- Kabupaten Cianjur adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang dikenal sebagai sentra pertanian. Disamping itu, Kabupaten Cianjur juga punya makanan khas yang bisa jadi pilihan kuliner atau oleh-oleh.

Ada cukup banyak makanan tradisional Cianjur yang wajib dicicipi saat dolan ke sana. Salah satu makanan khas Cianjur adalah Tauco.

Dilansir dari Detik.com, Cianjur juga dikenal dengan nama Kota Tauco. Bukan tanpa alasan, sebutan Tauco ini masih melekat lantaran Cianjur jadi penghasil bumbu masak yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bahkan Tauco Cianjur terkenal hingga berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Dolan ke Cianjur, Jangan Lupa Cicipi Makanan Khas Ini

Bahkan sejak 2017 lalu, jika singgah ke Cianjur kita bisa melihat sebuah tugu Tauco kokoh berdiri di persimpangan jalan Dr Muwardi dan Jalan Hos Cokroaminoto Cianjur.

Tauco juga mudah ditemukan di kota Cianjur. Mulai dari toko oleh-oleh, hingga di terminal, dimana penjual menjajakan tauco pada penumpang bus antarkota atau antarprovinsi.

Terdapat beberapa produsen tauco yang masih bertahan dari dulu hingga sekarang. Salah satunya ialah Tauco Cap Meong yang didirikan Nyonya Tasma sejak 1880. Produksi Tauco Nyonya Tasma bahkan diteruskan dari generasi ke generasi.

Frank Tasma, generasi keempat penerus dan pengelola Tauco Cap Meong menjelakan jika proses pembuatan tauco cukup panjang. Dimulai dari memilah butiran kedelai, pencucian, direbus selama 5-6 jam, dijemur setengah kering, fermentasi selama tiga hari, lalu direndam air garam sampai kering kira-kira mencapai 10 hari.

Setelah proses perendaman dan penjemuran selesai, tauco yang sudah mengendap akan dimasukkan ke dalam tempat dari alumunium.

Namun berikutnya, bahan tauco itu dimasukkan pada tempat andalan yakni guci asli Cina yang berusia 100 tahun dan telah digunakan sejak awal merintis bisnis tauco. Di dalam guci, tauco disimpan selama 3 bulan ke depan atau lebih agar rasa semakin mantap.

Tidak ada resep rahasia sama sekali, yang jelas Tauco Nyonya Tasma hanya mempertahankan rasa dan proses memasak seperti yang dulu.

“Sejak dulu kita pertahankan cara pengolahan secara tradisional untuk mempertahankan rasa,” kata dia.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.