Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jenazah Sesepuh Samin Mbah Wargono Dimakamkan di Ruang Tamu

Makam sesupuh Samin di Kudus Mbah Wargono di ruang tamu rumah. Ia dimakamkan sesuai wasiat. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Jenazah Mbah Wargono sesepuh Samin (Sedulur Sikep) dimakamkan di ruang tamu rumahnya yang berada di RT 5 RW 6, Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Sabtu (26/2/2022) siang.

Pemakaman yang dilakukan di rumah almarhum tersebut bukan merupakan sebuah tradisi. Melainkan, permintaan atau wasiat dari almarhum Mbah Wargono saat masih hidup, yang meminta agar dimakamkan di rumah.

Dari pantauan MURIANEWS, jenasah Mbah Wargono dimakamkan di ruang tamu rumah yang biasa ditinggalinya. Tepat di tengah-tengah antara dua pilar yang menyangga atap.

“Itu merupakan wasiat bapak (Mbah Wargono) kalau bisa dimakamkan di sini, (rumah, red),” kata Gunretno, putra pertama Mbah Wargono, Sabtu  (26/2/2022).

Gunretno, putra pertama sesepuh Mbah Wargono berada di samping makam ayahnya. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Mbah Wargono memiliki enam orang anak dan belasan cucu. Meninggalnya Mbah Wargono tentunya menjadikan duka yang begitu dalam bagi keluarga. “Bapak punya enam anak, 16 cucu dan lima buyut,” ucapnya.

Baca: Tokoh Samin di Kudus Meninggal, Rumah Duka Penuh Karangan Bunga

Diberitakan sebelumnya, Kabar salah satu sesepuh Samin, Mbah Wargono di Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, meninggal dunia pada Jumat (25/2/2022) sore.

Di sekitar rumah duka dipenuhi karangan bunga ucapan bela sungkawa. Karangan bunga itu dikirim oleh apra perjabat. Mulai dari kepala desa, camat, Kapolsek Undaan.

Baca: Catat Sejarah, Adat Pernikahan Sedulur Sikep di Kudus Diakui Negara

Bahkan, karangan bunga kiriman Bupati Kudus HM Hartopo, Bupati Blora Arief Rohman, hingga Gunernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anggota DPR RI Komisi XI Mustofa juga ada.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...