Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kisah Kiper Timnas Vietnam, Debut Untuk Timnas Malah Main Sebagai Striker

Timnas Vietnam
Kisah kiper Timnas Vietnam U-23 Tran Liem Dieu menjalani debut timnas di Piala AFF U-23 2022, menarik untuk disimak. Kiper muda Veitnam ini menjalani debutnya malah bermain sebagai striker. (facebook.com/vietnamesefootball/)

MURIANEWS, Pnom Penh– Kisah kiper Timnas Vietnam U-23 Tran Liem Dieu menjalani debut timnas di Piala AFF U-23 2022, menarik untuk disimak. Kiper muda Veitnam ini menjalani debutnya malah bermain sebagai striker.

Kejadian ini berlangsung di pertandingan semifinal Piala AFF U-23 2022 saat Timnas Vietnam berhadapan dengan Timor Leste. Tran Liem Dieu adalah satu dari empat pemain tambahan Vietnam U-23, yang dipanggil ke Kamboja untuk bergabung dengan tim hanya beberapa jam sebelum pertandingan,

Pemain ini oleh pelatih Vietnam Dinh The Nam, sebagai kiper cadangan. Namun situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan membuat dirinya harus menghadapi konsekuensi yang mungkin akan dikenang sepanjang karir sepak bolanya.

Dengan hanya ada dua orang di bangku cadangan Vietnam U-23, akibat tergerus Covid-19, Vietnam harus memainkan strategi ‘gila’ saat menggadapi Timor Leste. Selain Liem Dieu, satu pemain cadangan lainnya adalah Ho Khac Luong, yang merupakan pemain non kiper. Pada pertandingan ini, Timnas Vietnam bahkan menyediakan dua seragam tim untuk kiper muda yang akan menjalani debutnya di Timnas Vietnam.

Pemain-pemain Vietnam U-23 pada pertandingan ini banyak yang mengalami kram, karena diduga mengalami kelelahan setelah berusaha keras mengatasi krisis pemain, akibat serangan covid-19 di turnamen. Dua hari sebelumnya, dengan berkekuatan 14 pemain (4 diantaranya kiper) mereka menghadapi Thailand di penyisihan akhir grup.

Pemain tambahan yang didatangkan ke Kamboja, dalam hal ini juga tidak mendapatkan kesempatan istirahat cukup dari perjalanan mereka. Meski begitu, mereka berjuang untuk tetap terus bertahan di turnamen, dengan terus berharap bisa melewati Timor Leste.

Di awal babak kedua, ketika kapten Doan Anh Viet mengalami cidera dan harus diganti, momen itu tiba bagi Liem. Kiper mud aini kemudian pergi berganti seragam, sebagai pemain non kiper.

BACA JUGA: Vietnam Vs Thailand Jadi Pertandingan Puncak Piala AFF U-23 2022

Dengan seragam yang sudah disiapkan, akhirnya Liem Dieu bermain sebagai pemain upline di posisi striker. Tak pernah dibayangkan sebelumnya, jika akhirnya ia malah menjalani debut di timnas dengan posisi bermain yang jauh dari posisi aslinya. Dari kiper kini dia harus bermain sebagai striker!.

Dengan postur tubuhnya yang mencapai 186 cm, Liem menunjukan integritasnya sebagai bagian dari Timnas Vietnam. Pemain ini masih mampu membawa gelombang tekanan bagi pertahanan Timor Leste.

Penampilannya membantu striker Vo Nguyen Hoang untuk bisa menciptakan peluang. Pemain ini sukses memerankan sebagai penyerang yang menghasilkan umpan-umpan wall pass di daerah pertahanan lawan.

Sayangnya, gol itu tidak datang bagi Vietnam, dan pada akhirnya harus mencapai babak adu tendangan pinalti. Dalam adu tendangan penalti, Vietnam U-23 mengalahkan Timor Leste 5-3, dan memastikan tiket ke Final Piala AFF U-23 2022  menghadapi Thailand.

Sebuah kebanggan dan kegembiraan akhirnya tersulut pada diri Liem Dieu. Sejak bergabung di Timnas U-23 pada 2020 lalu, ini adalah momen luar biasa bgai dirinya. Selama ini dirinya hanya turun di pertandingan persahabatan.

Ketika kesempatan datang untuk bermain di kejuaraan besar, dirinya justru bermain sebagai striker. Tercatat kiper Timnas Vietnam ini bermain selama 21 menit di pertandingan melawan Timor Leste. Meski demikian, jelas itu adalah moment yang tidak akan dilupakan oleh Tran Liem Điều.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: Zing

Comments
Loading...