Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Berkendara Motor di Jalanan Berpasir yang Perlu Diketahui

Tips Berkendara Motor di Jalanan Berpasir yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi berkendara di jalanan berpasir (wahanahonda.com)

MURIANEWS, Kudus- Saat berkendara motor ada kalanya melalui jalanan berpasir. Bagi sebagian pengendara, kondisi jalanan berpasir ini cukup menakutkan.

Hal ini memang tidak berlebihan. Pasalnya, kondisi jalanan berpasir ini mengakibatkan kendaraan agak sulit dikendalikan, terutama saat melakukan pengereman secara mendadak.

Nah, untuk menghindari kejadian tersebut, para pengendara dihimbau untuk lebih berhati-hati saat melewati medan jalanan berpasir. Terlebih jika ban motor Anda sudah cukup aus. Karena ini akan membuatnya licin saat melewati jalan berpasir.

Baca juga: Jangan Dilakukan! Ini Bahaya Merokok saat Berkendara Motor di Jalan Raya

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips berkendara saat melewati jalanan berpasir berikut ini, seperti dikutip dari Astramotor.

Tips Berkendara Motor di Jalanan yang Berpasir

1. Periksa kondisi ban motor sebelum berkendara

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ban motor yang aus sangat rawan tergelincir saat melewati jalanan yang berpasir. Terlebih jika Anda mengendarainya dalam kecepatan yang cukup tinggi dan melakukan pengereman secara mendadak. Sudah dapat dipastikan, Anda akan terpeleset begitu saja.

Maka dari itu, jika telah mengetahui bahwa ban motor Anda sudah aus. Sebaiknya segera diganti dengan yang baru atau minimal berkendaralah dengan ekstra berhati-hati.

2. Kurangi kecepatan

Jika Anda sudah melihat bahwa di depan terdapat medan jalanan berpasir, maka sebaiknya segera kurangi kecepatan Anda dalam berkendara. Hal ini guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat melewati jalan tersebut.

3. Jangan menggunakan rem depan

Penggunaan rem saat melewati medan jalan tertentu juga perlu diperhatikan, lho. Contoh saja saat akan melewati jalanan yang licin dan berpasir, sangat direkomendasikan untuk menggunakan rem belakang. Hal ini dikarenakan, jika Anda menggunakan rem depan maka peluang terjadinya ban selip semakin besar dan dapat membuat Anda jatuh sewaktu-waktu.

Selain itu, Anda juga dilarang untuk melakukan pengereman dengan cara hard braking atau pengereman mendadak. Karena juga akan memicu terjadinya ban selip hingga motor yang tergelincir jatuh.

4. Pegang stang motor dengan kuat

Karena jalanan berpasir yang cukup licin, maka Anda harus memegang erat stang motor agar tetap stabil saat berkendara. Sehingga, ketika motor Anda terasa akan jatuh, Anda siap untuk menopangnya dengan kedua kaki.

5. Lakukan pengereman secara bertahap

Yup, untuk menghindari terjadinya ban selip, maka Anda harus melakukan pengereman secara bertahap. Kurangi kecepatan sedikit demi sedikit sampai Anda melewati jalanan berpasir tersebut dengan selamat.

Nah, itulah tadi beberapa tips berkendara motor di jalanan yang berpasir. Semoga bermanfaat!

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.