Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Pasang dan Pengaturan Set Top Box pada TV Analog? Begini Caranya

Mau Pasang dan Pengaturan Set Top Box pada TV Analog Begini Caranya

Foto: Set top box (fifatekno.com)

MURIANEWS, Kudus- Siaran TV Analog dalam waktu dekat akan beralih ke penyiaran TV Digital. Ini, setelah Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mematikan siaran TV Analog di 166 kabupaten/kota, mulai 30 April 2022.

Kebijakan ini akan berlanjut ke kabupaten kota lainnya secara bertahap. Tahap kedua pada 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga atau paling akhir 2 November 2022.

Dengan kebijakan ini, pemilik TV Analog masih bisa menikmati siara TV Digital. Namun, pemilik TV Analog harus membeli perangkat tambahan berupa Set Top Box (STB) DVB T2.

Baca juga: Proliga 2022 Live di TV Digital, Ini Jadwal Lengkap Kudus Sukun Badak

Setelah itu, pasanglah alat ini pada TV Analog. Jika masih bingung, berikut cara atau langkah-langkah pasang Set Top Box pada TV Analog seperti dikutip dari Solopos.com.

Sebelum ke memasang peralatan Set Top Box, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu panel dan port yang ada pada kedua perangkat (TV dan Set Top Box).

Setelah itu pasang kabel antena ke perangkat Set Top Box, ada di bagian belakang perangkat Set Top Box. Kemudian hubungkan Set Top Box ke TV Analog memakai kabel AV/RCA maupun kabel HDMI.

Apabila semua sudah terhubung, nyalakan Set Top Box dan TV Analog dan pilih mode saluran TV (AV1, AV2) sesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan STB ke TV.

Setelah Set Top Box menyala, pilih negera dan masukan kode pos kota Anda. Selanjutnya masuk ke Menu dan pilih opsi pencarian channel, lalu pilih pencarian otomatis.

Setelah di OK, pencarian saluran secara otomatis berjalan dan tunggu beberapa saat hingga pencarian selesai. Jika sudah selesai, channel secara otomatis tersimpan di perangkat dan cara pasang Set Top Box pada TV Analog selesai.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.