Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

4.000 Liter Minyak Goreng Murah, Ludes Diserbu Emak-Emak di Pati

4.000 Minyak Goreng Murah, Ludes Diserbu Emak-Emak Pati
Warga mengantre mendapatkan minyak goreng murah di Alun-alun Kambangjoyo, Rabu (23/2/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati- Sebanyak 4.000 liter minyak goreng murah yang disediakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, ludes dalam sesaat. Minyak goreng murah itu dijual di Alun-Alun Kembangjoyo, Rabu (23/2/2022) dengan harga Rp 13.500 per liter.

Gelaran operasi minyak goreng murah itu dibuka mulai pukul 08.30 WIB. Namun, jauh sebelum operasi di buka, emak-emak sudah berjubel untuk antri mendapatkan minyak goreng . Apalagi, pihak Disdagperin sebelumnya telah membuat pengumuman adanya operasi minyak goreng murah itu.

Tidak hanya emak-emak, para bapak-bapak maupun anak-anak juga turut mengantre untuk mendapatkan minyak goreng. Namun, untuk pembelian masing-masing diantara mereka dibatasi, yakni hanya dua liter per orang.

Baca: Duh! Satgas Pangan Lampung Juga Temukan 345 Ribu Liter Minyak Goreng Ditimbun di Gudang

Kepala Disdagperin Kabupaten Pati, Hadi Santosa mengungkapkan langkah ini merupakan bagian dari operasi pasar menyikapi langkanya minyak goreng bersubsidi di Pati. Pihaknya sudah tiga kali ini menggelar acara serupa. Dua operasi sebelumnya digelar pada Januari lalu di Pasar Puri Baru.

“Mengatasi kelangkaan minyak goreng yang ada di pasaran. Kami melayani masyarakat yang ingin membeli minyak goreng dengan kemasan sederhana Rp 13.500 per liter,” ujar Hadi.

Baca: Mendag Selidiki Dugaan Minyak Goreng Langka Karena ada Kartel

Pihaknya menyiapkan hampir 4 ribu liter minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 13.500 per liter. Masyarakat bisa membeli maksimal 2 liter.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan dua ribu liter minyak goreng dengan kemasan premium dengan harga Rp 14 ribu per liter.

“Tambahan kita perkirakan akan kita tambah dari Bulog sekitar 2 ribu liter dengan kemasan premium,” tutur dia.

Operasi pasar ini disyukuri para warga. Ana mengaku mengantre tak lama untuk mendapatkan minyak goreng murah ini.

Baca: 2 Tersangka Kasus Minyak Goreng Palsu di Kudus Terancam 5 Tahun Penjara

“Jam delapan antrie. Setengah jam sudah dapat. Lumayan dengan adanya ini. Murah biasanya saya beli di warung Rp 15 ribu per liter. Ini Rp 13.500,” tandas warga Kelurahan Kutoharjo ini.

Diketahui, Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng sudah ditentukan dalam Permendag nomor 6 tahun 2022. Di mana  harga minyak goreng curah Rp 11.500, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 dan kemasan premium Rp 14 ribu per liter. Sayangnya, harga minyak goreng di pasaran masih lebih tinggi dibandingkan HET itu.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...