Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Empat Kesalahan Umum Emak-Emak saat Berkendara di Jalan Raya

Ini Empat Kesalahan Umum Emak-Emak Saat Berkendara di Jalan Raya
Foto: Ilustrasi wanita mengendarai sepeda motor (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Sejumlah pengendara mengaku harus lebih waspada saat bertemu emak-emak yang sama-sama naik motor di jalan raya. Pasalnya, selama ini, ada banyak emak-emak yang berkendara seenaknya di jalanan tanpa memperhatikan pengendara lainnya.

Terkait kondisi ini, bahkan sering muncul lelucon jika penguasa jalanan itu adalah emak-emak. Bukan kendaraan besar, seperti bus maupun truk tronton.

Dikutip dari Astramotor, salah satu hal yang sering dijadikan masalah adalah ketika para emak-emak ini berbelok ke kanan, namun lampu sein yang mereka nyalakan yang sebelah kiri. Hal ini menyebabkan tidak seidikit para pengendara merasa kesal dan kebingungan akibat ulah emak-emak ini.

Baca juga: Viral! Emak-Emak Adu Mulut Sama Polisi

Padahal hal seperti ini bisa menyebabkan kecelakaan, jika pengendara di belakangnya tidak melihat laju emak-emak yang membawa kendaraan motor tersebut.

Selain penggunaan lampu sein yang kerap kali salah, emak-emak dan remaja wanita ini biasanya juga kerap melakukan berbagai kesalahan lainnya selama berkendara motor di jalan raya.

Berikut ini kesalahan umum yang kerap dilakukan emak-emak saat berkendara:

1. Menggunakan Fitur Kendaraan Yang Tidak Tepat

Banyak wanita yang masih belum memahami bagaimana cara berkendara dengan motor yang tepat. Dengan pengetahuan mereka yang terbatas ini, lantas mereka berkendara ke jalanan dengan bermodalkan nekat. Akibatnya, sering terjadi wanita salah menggunakan fitur kendaraan yang ditumpanginya.

Contohnya adalah penggunaan lampu sein tadi. Ketika mereka hendak berbelok ke kanan, namun mereka menggunakan sein ke kiri. Begitu juga sebaliknya.

Selain penggunaan lampu sein yang kerap kali salah, soal rem depan dan belakang juga kerap kali salah. Contohnya pengereman roda belakang biasa dilakukan dengan dengan menginjak tuas rem yang berada tepat di bawah telapak kaki kanan. Sedangkan untuk melakukan pengereman ban depan, bisa menggunakan tangan yang berada di dekat gas motor.

Penggunaan fitur yang salah juga sangat membahayakan keselamatan dirinya dan pengendara lainnya, untuk itu bagi wanita yang hendak berkendara pastikan bahwa Anda sudah cukup paham fungsi masing-masing fitur motor.

2. Menghentikan Motor Mendadak

Tak jarang wanita menghentikan motor mereka secara tiba-tiba. Hal ini membuat pengendara di belakangnya kaget dan juga harus melakukan pengereman secara mendadak. Jika pengendara di belakangnya tersebut tidak fokus, risiko kecelakaan bisa terjadi karena hal ini.

Nah, bagi Anda para wanita yang pernah melakukan hal seperti ini, mulailah untuk tidak melakukannya lagi. Hal ini karena demi keselamatan Anda dan orang lain.

3. Memutar Balik Arah Kendaraan

Seringkali para wanita juga memutar balik arah kendaraan mereka tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Para wanita ini memutar balik arah kendaraan tanpa melihat ke arah belakang dan langsung membelokannya saja, sehingga hal ini dapat berdampak buruk terhadap keselamatannya. Beruntung jika kendaraan di belakangnya langsung berhenti, namun bila kendaraan di belakangnya tidak fokus, kecelakaan bisa saja terjadi karena kesalahan tersebut. Jadi, jika Anda ingin memutar balik arah motor Anda, lihat dahulu kiri, kanan, dan belakang Anda.

4. Melanggar Rambu Lalu Lintas

Ada begitu banyak rambu lalu lintas yang terpasang di jalan. Sayangnya, banyak juga dari mereka para kaum hawa yang melanggar rambu lalu lintas lantaran mereka tidak mengerti arti rambu lalu lintas tersebut.

Padahal, pelanggaran lalu lintas ini dapat menyebabkan pengendara terkena sanksi denda dan pidana. Jika Anda tidak ingin terkena sanksi tersebut, pastikan untuk selalu menaati setiap peraturan lalu lintas.

Tidak susah kok mengenal arti lampu lalu lintas. Jangan pernah sekali pun mencoba melanggar aturan tersebut, karena dapat merugikan diri Anda sendiri nantinya.

Itulah tadi beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengendara motor wanita. Pastikan untuk tetap menaati setiap aturan yang ada sekaligus mengenakan perlengkapan safety riding yang diwajibkan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.