Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Begini Jawaban Konsultan Tol Demak-Tuban soal Kudus Minta Jatah Exit Tol

Fauziah Hernarawati, Tim Konsultan Lingkungan Proyek tol Demak-Tuban. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus meminta jatah exit tol dan rest area dalam protek pembangunan tol Demak-Tuban. Permintaan ini juga disampaikan saat konsultasn lingkungan pembangunan tol Demak-Tuban, melakukan audiensi dengan Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (21/2/2022).

Lalu bagaimana jawaban konsultan?

Tim konsultan lingkungan proyek pembangunan jalan tol Demak-Tuban Fauziah Hernarawati mengatakan, telah menampung permintaan dari Pemkab Kudus itu. Usulan tersebut nantinya akan dikaji kembali oleh tim teknis dan perencanaan proyek tol.

Hal tersebut dikarenakan hampir semua kabupaten yang dilintasi proyek pembangunan jalan tol meminta exit tol maupun rest area.

”Tapi nanti tetap akan dikaji kembali oleh tim teknisnya. Saat ini kan tengah masa public hearing, sehingga saat inilah usulan-usulan diungkapkan untuk dikaji lagi,” katanya.

Baca: Tak Hanya Exit Tol, Kudus juga Minta Jatah Rest Area

Meski demikian, pihaknya menyambut baik usulan Pemkab Kudus. Apalagi bila dilihat dari manfaat-manfaat yang akan muncul dari dua item penting proyek pembangunan itu.

Adapaun manfaat adanya exit tol di suatu wilayah menurutnya adalah untuk memangkas waktu transportasi dan menghemat energi dan BBM. Sementara untuk rest area, dipastikan akan mengangkat perekonomian wilayah tersebut karena bisa berjualan di sana.

“Tentu baik exit tol dan rest area sangat bagus bagi perekonomian daerah,” ujarnya.

Baca: Tol Demak-Tuban Bakal Punya Delapan Rest Area, Pati Minta Jatah

Diberitakan sebelumnya, Bupati Kudus HM Hartopo meminta agar Kabupaten Kudus diberi jatah exit tol dalam proyek pembangunan jalan tol Demak-Tuban. Selain itu, Hartopo juga meminta rest area jalan tol tersebut bisa ikut dibangun di Kota Kretek.

Permintaan itu, diungkapkan langsung oleh Hartopo saat tim konsultan perencanaan lingkungan proyek Jalan Tol Demak-Tuban melaksanakan audiensi dengan Pemkab Kudus, Senin (21/2/2022) pagi.

“Tadi kami tanyakan sudah ditetapkan atau belum? Kalau memang belum kami minta Kudus dikasih exit tol-nya, jangan cuma di Demak, Kudus dikasih di manalah yang tepat. Misalnya di Jekulo, yang kedua ya kami minta ada rest area di Kudus ini,” ucap Hartopo.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...