Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Ciri-Ciri Motor yang Akan Turun Mesin, Perhatikan ya!

Ini Ciri-Ciri Motor yang Akan Turun Mesin, Perhatikan ya!
Foto: Seorang mekanik sedang membongkar mesin motor (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Sepeda motor yang dipakai dalam kurun waktu lama pasti akan mengalami kerusakan. Baik itu kerusakan ringan maupun berat yang mengharuskan motor harus turun mesin.

Bagi pemilik motor sudah pasti berusaha untuk menghindari turun mesin. Pasalnya, jika harus turun mesin maka butuh biaya yang tidak sedikit.

Namun, ada kalanya turun mesin menjadi satu-satunya solusi yang harus dilakukan. Nah, maka dari itu Anda perlu melihat kembali kondisi motor dan memperhatikan setiap ciri-ciri yang ada.

Baca juga: Kondisi Motor Bisa Diketahui dari Pengecekan Oli Mesin, Perhatikan Warnanya

Siapa tahu motormu sudah memberikan kode untuk segera diganti komponen mesinnya. Berikut beberapa ciri atau pertanda motor harus segera turun mesin, seperti dilkutip dari Astramotor.

Ciri-ciri motor yang akan turun mesin:

1. Munculnya asap putih dari knalpot

Motor yang akan turun mesin biasanya memberikan pertanda tertentu yang harus segera Anda pahami. Salah satunya adalah munculnya asap putih dari knalpot, terutama jika motor yang Anda gunakan adalah motor 4 tak.

Asap putih yang muncul dari knalpot dapat menandakan bahwa terdapat oli yang ikut terbakar dalam proses pembakaran. Jika tidak diatasi sesegera mungkin, ini dapat berakhir fatal salah satunya adalah komponen yang terbakar atau malah keseluruhan motormu akan ikut dilahap si jago merah.

2. Motor yang susah dinyalakan

Motor yang sudah dinyalakan juga menjadi salah satu ciri bahwa kendaraan tersebut akan mengalami turun mesin. Nah, sebuah kendaraan yang sulit dinyalakan biasanya dipicu oleh berbagai macam hal.

Salah satunya adalah oli ikut naik dan masuk ke dalam proses pembakaran. Jika oli mengenai bagian busi, ini akan membuat motormu susah untuk dinyalakan. Akibatnya, jika tidak segera ditangani, turun mesin menjadi satu-satunya solusi untuk mengatasinya.

3. Mesin motor mengeluarkan suara yang kasar

Oli motor bertugas sebagai pelumas komponen mesin agar dapat bekerja dengan maksimal. Tanpa oli, mesin akan bekerja sangat keras dan menyebabkan gesekan yang terjadi antar komponen sangat kuat. Hal ini dapat membuat bagian mesin tersebut cepat aus dan harus segera diganti.

Nah, jika Anda sudah mendengar suara kasar dari kinerja mesin. Bisa jadi itu adalah salah satu ciri motor yang akan overhaul (turun mesin).

4. Performa motor yang kurang

Motor yang akan turun mesin biasanya juga mengalami penurunan performanya. Ia akan lebih tidak bertenaga saat digunakan berkendara di jalan raya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh ring seher maupun mesin yang sudah aus maupun usang.

5. Busi yang cepat mati

Jika Anda sering mengalami busi yang cepat mati saat motor digunakan berkendara. Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa motor Anda sudah saatnya dibawa ke bengkel. Di awal-awal, pihak bengkel biasanya akan merekomendasikan untuk mengganti busi. Namun, jika terjadi terus menerus, solusi terakhir hanyalah dengan melakukan turun mesin.

So, jika Anda tidak ingin mengalaminya, pastikan untuk terus merawat setiap detail pada motor Anda. Jangan hanya berkendara namun tidak memperhatikan komponen-komponennya. Karena ini juga dapat berbahaya bagi keselamatan Anda.

Baca juga: Umur Candi Borobudur Masih Kalah Tua dengan Temuan Perahu Kuno di Rembang

Nah, itulah tadi beberapa ciri motor yang akan turun mesin. Dengan mengetahuinya sejak awal, Anda bisa segera membawa kendaraan kesayangan ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.