Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Asal Usul dan Penggunaan Kata ‘Viral’ yang Kini Sering Nongol di Media Sosial

Ini Asal Usul dan Penggunaan Kata ‘Viral’ yang Kini Sering Nongol di Media Sosial
Ilustrasi media sosial (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Saat membuka media sosial, pasti seringkali menemukan kata ‘viral’. Kata ini biasanya dituliskan dalam keterangan untuk unggahan yang unik, atau sedang mendapat perhatian dari banyak orang.

Sebagian orang berpendapat jika penggunaan kata viral ini dinilai kurang tepat. Sebab, makna awal kata viral itu memang bukan seperti itu.

Lalu apa itu viral sebenarnya? Berikut ini ulasan mengenai kata viral, seperti dilansir dari suara.com.

Baca juga: Viral Pidato Bupati Karanganyar Omicron Tak Ada, Begini Kata Ganjar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata viral adalah berkenaan dengan virus atau bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus. Berdasarkan definisi dari KBBI tersebut, jelas arti viral berhubungan dengan virus dan dunia kesehatan.

Meski begitu, penggunaan kata viral saat ini kerap dipakai untuk mengungkapkan seuatu pemberitaan yang sedang dibicarakan banyak orang atau tersebar dan diketahui oleh orang banyak.

Lalu bagaimana bisa kata viral berubah makna dan dikaitkan dengan informasi atau berita yang sedang santer dibicarakan khususnya di media sosial? Simak penjelasannya berikut ini.

Asal Usul Kata Viral dan Perubahan Maknanya 

Sementara itu, mengalihbahasakan dari Wonderpolis, sebelumnya, kata viral adalah merujuk pada penyakit yang penyebarannya mudah. Misalnya, sebanyak jutaan orang tertular oleh COVID-19.

Namun kini, seiring perkembangan waktu dan teknologi, terjadi perubahan makna kata viral. Kini, viral lebih sering digunakan dalam menjabarakan momentum atau peristiwa yang sedang menjadi perbincangan dan mencuri perhatian publik. Selain itu, video, foto, atau informasi yang disebarkan secara cepat juga bisa disebut viral.

Penggunaan Kata Viral

Kata viral bisa berkonotasi negatif maupun positif tergantung dengan topik atau hal yang dibicarakan. Kata viral pertama kali digunakan pada tahun 2009 untuk mendeskripsikan sebuah “David after Dentist”.

Selanjutnya, kata viral mulai digunakan oleh banyak kalangan dan orang untuk mendeskripsikan sesuatu yang luar biasa. Umumnya, video, foto, berisi pemberitaan, peristiwa atau hiburan apa pun dikatakan viral apabila ia mendapat banyak likes, viewers, atau dibagikan ribuan kali dan mendapat banyak komentar netizen.

Jadi tidak salah apabila definisi viral adalah situasi untuk mengungkapkan penyebaran suatu berita dan informasi yang berlangsung secara cepat. Sekarang kalian sudah paham arti kata viral, bukan?

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suara.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.