Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penting! Cek Lima Komponen Motor Ini Sebelum Berkendara biar Terhindar Kecelakaan

Penting! Cek Lima Komponen Motor Ini Sebelum Berkendara biar Terhindar Kecelakaan
Foto: Mengecek kondisi rantai motor penting dilakukan sebelum berkendara (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sejauh ini masih cukup tinggi. Adapun penyebab kecelakaan ini ada banyak faktor, seperti human error, tidak taat peraturan lalu lintas, kondisi jalan hingga kondisi kendaraan yang tidak layak.

Guna menghindari kecelakaan di jalan raya, ada upaya yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan mengecek kondisi motor sebelum dipakai berkendara.

Dengan melakukan pengecekan ini akan diketahui apakah kondisi motor masih prima atau justru terdapat masalah. Nah, berikut ini ada beberapa komponen motor yang harus selalu dicek ulang sebelum berkendara, seperti dilansir dari Astramotor.

Baca juga: Pentil Ban Motor, Benda Kecil Ini Ternyata Punya Fungsi Krusial lho

1. Cek kondisi tekanan angin pada ban motor

Ban menjadi salah satu komponen pada motor yang wajib banget kamu cek kondisinya sebelum berkendara. Pastikan ban motormu memiliki tekanan angin yang ideal agar pengalaman berkendaramu pun jauh lebih menyenangkan.

Ban motor yang memiliki tekanan angin tinggi, cenderung lebih mudah pecah di jalan. Hal ini tentu bisa membahayakan kamu juga pengendara motor yang lain. Selain itu, tekanan angin pada ban motor yang terlalu rendah juga dapat membuat waktu pengereman menjadi sedikit lebih lama.

Maka dari itu, pastikan tekanan ban motormu ideal sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrik.

2. Perhatikan kondisi rantai

Rantai motor sering kali diabaikan dalam hal perawatan. Padahal, bagian motor yang satu ini memiliki peran yang cukup penting, lho!

Tanpa rantai ini, motormu pun tidak akan bisa berjalan, karena ia memiliki fungsi meneruskan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin. Rantai motor yang putus tentu akan membuat motormu tidak bisa digunakan.

Untuk itu, pastikan kamu selalu mengecek kondisi rantai motor secara berkala dan berikan perawatan yang baik agar dapat berfungsi dengan semestinya. Perawatan rantai motor pun terbilang cukup mudah dan tidak harus dibawa ke bengkel resmi.

Kamu bisa menggunakan pelumas untuk melumasi rantai agar tetap basah dan tidak kering. Rantai yang terlalu kering dapat mempengaruhi kualitas berkendaramu bahkan bisa juga putus sewaktu-waktu.

3. Periksa kondisi rem

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kondisi remnya. Pastikan rem motormu masih berada dalam kondisi yang baik dan pakem. Jangan sampai, rem yang tidak berfungsi menjadi faktor kamu celaka di tengah jalan.

4. Perhatikan kondisi lampu motor

Semua lampu yang terdapat pada motor harus dipastikan berada dalam kondisi baik dan dapat menyala dengan semestinya. Terlebih jika kamu akan berkendara di malam hari dan melewati jalanan yang gelap.

Baik lampu utama, lampu rem maupun lampu sein harus dipastikan dapat berfungsi dengan baik. Karena lampu tersebut digunakan sebagai tanda bagi para pengendara yang ada di belakangmu ketika kamu hendak belok ke persimpangan atau saat akan berhenti.

5. Pastikan bahan bakar cukup

Terakhir, kamu juga harus memastikan bahwa bahan bakar yang tersedia dalam tangki cukup untuk menemanimu berkendara di jalan. Jangan sampai kamu salah perhitungan, ya. Bisa-bisa nanti motormu mengalami mogok di tengah jalan karena kehabisan bahan bakar.

Untuk itu, ada baiknya sebelum berkendara jauh, kamu mengisi penuh bahan bakar motormu terlebih dahulu. Sehingga, berkendaramu pun akan lebih nyaman tanpa perlu khawatir sewaktu-waktu kehabisan bahan bakar di tengah jalan.

Nah, itu tadi lima komponen dalam motor yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk berkendara. Terlebih jika kamu akan berkendara jarak jauh. Tentu segala aspek yang menunjang keselamatan harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Umur Candi Borobudur Masih Kalah Tua dengan Temuan Perahu Kuno di Rembang

Jangan sampai keteledoran kita justru mencelakai diri sendiri. Ingatlah untuk selalu mengutamakan keselamatan sampai ke tujuan. Happy safe driving!

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.