Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO BALI

Gubernur Koster Izinkan Warga Bali Gelar Pawai Ogoh-Ogoh Jelang Nyepi

Seorang warga saat membuat ogoh-ogoh jelang Hari Raya Nyepi. (Suara.com)

MURIANEWS, Denpasar – Kabar gembira datang dari Gubernur Bali Wayan Koster. Orang nomor satu di Pulau Dewata itu akhirnya mengizinkan warga Bali untuk menggelar pawai ogoh-ogoh jelang perayaan Hari Raya Nyepi, 3 Maret 2022 mendatang.

Keputusan tersebut diambil setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan Bendesa Agung dan Penyarikan Agung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali. Hal ini sekaligus menganulir surat edaran Majelis Desa Adat yang telanjur diterbitkan beberapa hari lalu.

“Saya sebagai Gubernur Bali bersama Majelis Desa Adat Provinsi Bali menyetujui keinginan yang disampaikan melalui aspirasi para Yowana MDA provinsi, kabupaten/kota se-Bali,” kata Koster, Rabu (16/2/2022) seperti dikutip Detik.com.

Koster juga mengajak generasi muda (yowana) untuk meneruskan pembuatan ogoh-ogoh. Sesuai jadwal, pawai ogoh-ogoh akan digelar sehari sebelum Hari Raya Nyepi.

“Kepada para yowana yang sudah membuat ogoh-ogoh, saya minta teruskan dibuat sampai selesai, sampai tuntas, jangan berhenti sebelum tanggal 2 Maret 2022,” pinta Koster.

Namun, Gubernur Koster memberi syarat agar pawai ogoh-ogoh bisa dilaksanakan. Pertama, pawai ogoh-ogoh bisa dilaksanakan di wewidangan (wilayah) banjar dengan maksimal 25 peserta.

Kemudian, ogoh-ogoh yang dibuat harus ramah lingkungan, tanpa bahan plastik dan styrofoam.

“Selain itu, peserta pawai ogoh-ogoh juga harus menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, sudah divaksinasi dua kali dan menyediakan hand sanitizer,” ungkapnya.

Tak hanya itu, para peserta pawai juga wajib mengikuti rapid test antigen yang difasilitasi secara gratis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.