Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Stok Darah B PMI Kabupaten Kudus Tipis

Stok Darah B di PMI Kudus Tipis
Petugas unit donor darah PMI Kudus menunjukan kantong darah. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Stok darah untuk golongan darah B di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus, Selasa (15/2/2022) sedang tipis. Jumlahnya hanya 12 kantong saja.

Sementara, stok darah lainnya, yakni golongan darah A ada 35 kantong, golongan darah AB ada 22 kantong dan golongan darah O ada 45 kantong.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kudus, dr. Arief Adi Saputro mengatakan, saat ini golongan darah B sedang dicari pasien. Namun, jumlah pendonornya berkurang untuk beberapa hari ini.

Baca juga: 1.070 Pendonor Darah di Jateng Terima Penghargaan dari Ganjar

“Rata-rata kasusnya anemia. Seperti ibu melahirkan dan juga operasi penyakit-penyakit tertentu,” sambungnya.

Saat ini PMI menyuplai permintaan stok darah dari beberapa rumah sakit, seperti RS Mardirahayu, RSUD Loekmono Hadi, RSI Sunan Kudus, RS Kumala Siwi, RS Aisyiyah, dan RSU Nurussyifa.

Dengan minimnya stok darah di PMI, ia berharap masyarakat mau ikut donor darah. Sehingga dapat memembantu sesama. Untuk mengetahui syarat donor darah, klik di sini.

“Harapan kami di tengah kasus Omicron ini masyarakat tetap dapat membantu mendonorkan darah. Tentunya tetap dengan menjalankan protokol kesehatan,” harapnya.

“Yang ingin donor darah ke markas PMI Kudus bisa datang setiap hari di pukul 07.30 sampai 21.00,” imbunya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.