Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Viral Kabar 9 Provinsi Baru di Pulau Jawa, Ini Tanggapan Pemerintah

Viral Kabar Sembilan Provinsi Baru di Pulau Jawa, Ini Tanggapan Pemerintah
Pembagian wilayah berdasarkan provinsi di Pulau Jawa. (Tangkap Layar)

MURIANEWS, Jakarta- Kabar adanya pemekawan wilayah di Pulau Jawa, ramai beredar di media sosial. Setidaknya ada 9 provinsi baru yang beredar luas tersebut.

Sementara 9 provinsi baru di pulau jawa itu adalah Provinsi Tangerang Raya, Provinsi Bogor Raya, Provinsi Cirebon, Provinsi Banyumasan, Provinsi Daerah Istimewa Surakarta, Provinsi Muria Raya, Provinsi Madura, Provinsi Mataraman dan Provinsi Blambangan.

Menanggapi hal itu, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benny Irwan menegaskan, pemerintah belum ada rencana untuk memekarkan provinsi mana pun di Indonesia karena masih moratorium.

“Hingga saat ini belum ada rencana Pemerintah untuk melakukan pemekaran provinsi ataupun Kab/Kota, karena masih dalam status moratorium,” kata Benny dikutip dari Tirto.id, Selasa (14/2/2022).

BacaViral Solo Jadi Provinsi Baru di Pulau Jawa, Begini Kata Gibran

Berdasarkan penelusuran MURIANEWS, 9 provinsi itu mempunyai 5-7 kabupaten.

Provinsi Tangerang Raya yang terdiri Kabupaten Tangerang Utara dan Kota Tangerang Tengah (hasil pemekaran Kabupaten Tangerang), Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Ibu kota provinsi diserahkan ke Tangerang.

BacaViral Sembilan Provinsi Baru di Pulau Jawa, Ini Daftarnya

Provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasasi. Ibukota provinsi akan dijatuhkan ke Bogor dengan komposisi daerah adalah Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Provinsi Cirebon dengan ibukota provinsi di Cirebon. Daerah ini terdiri atas Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Kuningan.

Provinsi Banyumasan dengan ibukota provinsi adalah Purwokerto. Daerah ini terdiri atas Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kota Purwokerto (pemekaran daerah Kabupaten Banyumas), Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen.

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Tirto.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.