Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pentingnya Pelatihan Safety Riding yang Perlu Diketahui Pengendara Motor

Pentingnya Pelatihan Safety Riding yang Perlu Diketahui Pengendara Motor
Ilustrasi pelatihan safety riding (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Safety riding sangat diperlukan oleh pengendara motor saat berkendara di jalan raya, disamping harus mematuhi peraturan lalu lintas. Hal ini penting dilakukan untuk keselamatan diri sendiri dan sesama pengguna jalan lainnya.

Meski demikian, masih banyak pengendara motor yang abai terhadap peraturan lalu lintas. Disamping itu, ada sebagian pengendara yang memiliki kebiasanaan buruk saat berkendara yang bisa menyebabkan bahaya.

Nah, agar bisa berkendara dengan baik maka diperlukan pelatihan mengendarai sepeda motor dengan aman (safety riding). Apa sih pentingnya pelatihan safety riding ini? Ini penjelasannya, seperti dilansir dari Astramotor.

Baca juga: Polres Kudus Ajak Santri Milenial Dukung Deklarasi Safety Riding

Mengendarai Sepeda Motor dengan Aman

Mengendarai sepeda motor dengan aman dan selamat membutuhkan penguasaan keterampilan mengemudi yang kompeten. Hal ini harus didasarkan pada perilaku pengemudi saat mengemudi, sambil mematuhi peraturan lalu lintas.

Keikutsertaan dalam pelatihan safety riding adalah kesempatan bagi pengemudi untuk berlatih mengendalikan kendaraan saat mengemudi. Penting bagi pengemudi untuk mengikuti kursus/pelatihan safety riding untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan di jalan.

Kamu dapat melihat bahwa anak-anak sekolah dapat mengendarai sepeda motor sendiri. Minimnya pengetahuan mereka tentang keamanan kendaraan sering menyebabkan kecelakaan.

Menurut catatan polisi, angka kecelakaan di jalan raya bisa mencapai 73 persen dan diantaranya adalah pengendara sepeda motor. Juga memperhitungkan faktor pengemudi yang disebabkan oleh pelanggaran lalu lintas dan kurangnya pengetahuan tentang pengendalian jalan dan mengemudi.

Kategori Pelatihan Keselamatan Mengemudi

Ada dua kategori dalam pelatihan safety riding, teori dan praktik. Dalam pelatihan teori ini, peserta akan diajarkan keterampilan dasar mengemudi dan materi terkait lalu lintas  jalan bagi pengemudi.

Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan akan lebih tertib dalam berlalu lintas setelah mengikuti pelatihan. Peserta akan diajari dasar-dasar mengemudi agar bisa mengikuti aturan lalu lintas.

Dalam latihan, peserta menghadapi pelatihan teknik  pengereman yang aman saat berkendara, menjaga kendali dan keseimbangan sepeda motor dengan  melintasi area lintasan tanpa menyentuh batas dan peserta tidak boleh menurunkan kakinya.

Karena benchmark adalah 30 detik maka semakin lambat kecepatannya dan semakin kamu dapat menyeimbangkan untuk  menjaga kaki kamu tetap rendah, semakin tinggi poin yang akan diterima peserta dalam safety riding pengemudi ini.

Sangat penting untuk mempelajari keseimbangan tubuh saat mengendarai. Jika ada kemacetan lalu lintas di jalan, kamu harus dalam kondisi yang baik untuk menjaga keseimbangan.

Jika tidak, kamu dapat menyentuh pengendara sepeda motor lain, sepeda motor mereka, dan bahkan mobil di dekat mobil kamu. Untuk alasan ini, penting untuk berpartisipasi dalam pelatihan safety riding.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.