Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Gejala Omicron Pada Anak, Moms Wajib Tahu

Ini Gejala Omicron Pada Anak, Moms Wajib Tahu
Vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Varian Omicron sudah merajalela di negeri ini. Bahkan, Pemkab Kudus, Jumat (11/2/2022) telah mengumumkan kasus yang pertama dari varian baru Covid-19 itu.

Omicron tak hanya menyerang mereka yang sudah dewasa saja. Anak-anak juga menjadi target penularan ini, terlebih mereka yang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Untuk itu, para orang tua harus memahami gejala dari Omicron ini pada anak-anak. Lantas apa saja gejalanya?

Baca juga: Omicron Mengganas, Kenali 5 Gejala Paling Utama

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus Dony Wicaksana mengatakan ada beberapa gejala Omicron yang muncul pada anak usia 6-11 tahun. Gejalanya, yakni demam, flu, batuk, sakit tenggorokan, dan diare.

Bahkan, ada efek lainnya juga yang dapat dialami ketika anak-anak terpapar Omicron. Seperti jarang buang air kecil, kejang-kejang, sesak napas, muntah-muntah, diare tiada henti, dan kesadaran pada anak mulai berkurang.

“Kalau gejala seperti itu muncul segera lakukan swab antigen dulu. Kalau hasilnya positif tetapi tidak ada gejala sesak napas silahkan lakukan isolasi mandiri,” kata Kepala Puskesmas Mejobo Kudus ini, Jumat (11/2/2022).

Namun, ketika hasil swab antigen positif dan ada gejala sesak napas segera ke rumah sakit. Tujuannya agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Orang tua harus mengantisipasi dengan memberikan obat dan menyuruh anak untuk beristirahat,” terangnya.

Dony mengatakan, protokol kesehatan (prokes) harus diterapkan. Dia meminta agar masyarakat tidak kendor soal 3M. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kemudian bagi yang belum vaksin agar segera ikut vaksin. Tetap jaga kesehatan dan hindari kegiatan yang membuat anak menjadi sakit,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...