Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

HPN 2022, Ketua PWI Pati Ajak Wartawan Muhasabah

HPN 2022, Ketua PWI Pati Ajak Wartawan Muhasabah
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati Moch Noor Efendi saat memberikan nasi tumpeng kepada salah satu anggota. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Di Hari Pers Nasional (HPN) 2022 ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati Moch Noor Efendi mengajak insan pers untuk bermuhasabah. Ia berharap wartawan meningkatkan kualitas jurnalistik.

Menurutnya, wartawan perlu meningkatkan kualitas produk jurnalistiknya. Itu mengingat kinerja wartawan sangat dibutuhkan masyarakat. Sebagai penyedia informasi, wartawan diharuskan menyajikan berita akurat dan tak menyesatkan.

Baca juga: HPN 2022, Jokowi Singgung Media yang Hanya Kejar Berita Viral

“Di Hari Pers Nasional ini selamat untuk semua anggota. Dan di HPN ini, saya berharap bisa menjadi momentum muhasabah sekaligus meningkatkan profesionalitas kita sebagai insan yang dipercaya masyarakat untuk memberikan informasi,” ujar Effendi saat memberikan sambutan dalam acara tumpengan di Sekretariat PWI Pati, Rabu (9/2/2022).

Ia juga berharap kepada insan pers untuk menjaga marwah organisasi, menjaga marwah wartawan, dengan memegang teguh kode etik. Itu sangat penting agar wartawan semakin berintegritas.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa wartawan mempunyai tugas tambahan di saat era digital. Sebelumnya jurnalis mempunyai empat fungsi, yakni sebagai media penyedia informasi, sebagai media edukasi, sebagai media hiburan dan fungsi sebagai kontrol sosial.

Baca juga: HPN 2022, Ketua DPR RI: Pers Efektif Tangkal Hoaks

Di era digitalisasi ini, wartawan harus cakap menangkap momen dan melakukan konfirmasi kebenarannya. Maka dari itu, ia meminta para wartawan untuk mengedepankan konfirmasi dan klarifikasi.

“Wartawan sangat dibutuhkan bangsa Indonesia ini. Saya berharap kerja-kerja jurnalistik, konfirmasi, klarifikasi tetap dilakukan di tengah hoax yang banyak beredar,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...