Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sadio Mane Membawa Senegal Menciptakan Sejarah Baru di Piala Afrika

Juara Piala Afrika 2021

Senegal akhirnya berhasil menjadi Juara Piala Afrika 2021, usai mengalahkan Mesir. (.facebook.com/Superlife-Burkina-Officiel)

MURIANEWS, Yaounde- Sadio Mane, bintang Liverpool, membawa Timnas Senegal menciptakan sejarah baru di Piala Afrika. Pada final Piala Afrika 2021, mereka berhasil menang atas Mesir, dan untuk pertama kali berhasil menjadi juara.

Bermain di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Senin (7/2/2022) dinihari WIB, Senegal menang atas Mesir melalui adu tendangan pinalti. Pada waktu normal dan tambahan yang berlangsung 120 menit, kedua tim berbagi skor 0-0.

Pada babak adu pinalti Senegal berhasil menang 4-2 secara dramatis. Penendang kedua Mesir, Abdelmoneim gagal membuat bola bersarang di gawang Senegal. Begitu pula dengan penendang ketiga Senegal, Bouna Sarr, yang bola hasil tendangannya diblok kiper Mesir, Abou Gabal.

Penendang keempat Mesir, Mohamad Lashen, kembali gagal menyarangkan bola sehingga peluang ada pada Senegal. Sadio Mane yang gagal menyelesaikan pinalti di awal babak pertama kali ini berhasil menyarangkan bola dan memastikan Senegal meraih gelar juara Piala Afrika untuk kali pertama.

Senegal sebenarnya memang memiliki peluang untuk bisa menang di waktu normal. Mereka mendominasi pertandingan final kali ini. Pada awal babak pertama, mereka sudah menebar ancaman di area pertahanan Mesir.

Pergerakan Saliou Ciss merangsek ke kotak penalti Mesir di awal pertandingan, mendaptkan hadangan Mohamed Abdelmonem. Wasit langsung menunjuk titik putih sekaligus memberi kartu kuning kepada Abdelmonem.

BACA JUGA: Mohamed Salah Vs Sadio Mane di Final Piala Afrika 2021, Siapa Menang?

Sadio Mane yang menjadi eksekutor penalti melepas tendangan kencang dan cenderung tidak jauh dari area tengah di mana penjaga gawang biasa berdiri. Kiper Mesir, Mohamed Abou Gabal, bisa membaca arah bola yang posisinya tidak menyulitkan tersebut.

Setelah peluang dari titik putih yang gagal, skuad Singa Teranga terus bermain ofensif. Peluang Ismaila Sarr melalui tembakan dari lua kotak penalti masih bisa diamankan Abou Gabal.

Senegal mencoba kombinasi Ismaila Sarr dan Sadio Mane. Bola dari sisi kanan kemudian dilanjutkan dengan sebuah back pass back ke kotak penalti. Upaya ini dilakukan mereka, namun gagal membuahkan gol.

Senegal memang lebih unggul dalam penguasaan bola di banding Mesir. Mohamed Salah yang menjadi andalan Mesir, tampak kesulitan untuk bisa menimbulkan ancaman. Pemain Liverpool, yang juga rekan Sadio Mane ini, bahkan tidak memiliki peluang sama sekali.

Kemenangan Senegal di pertandingan Final Piala Afrika 2021 ini menjadi sejarah. Mereka untuk pertama kalinya merebut juara Piala Afrika. Sedangkan Mesir, kegagalan ini membuat mereka tidak bisa mendapatkan gelar ke-8 mereka.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.