Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Habib Luthfi Dukung Pengusulan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Penyerahan buku Ratu Kalinyamat kepada Habib Luthfi bin Yahya di Pendapa RA Kartini Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Habib Luthfi bin Yahya sangat menyetujui pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Itu supaya nilai-nilai luhur dari Ratu Kalinyamat bisa menjadi pijakan bangsa Indonesia.

Dukungan tersebut disampaikannya saat memberikan pidato kebudayaan dalam rangka Silaturrahmi Kebhinekaan pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional, di Pendapa RA Kartini Jepara, Sabtu (5/2/2022).

Menurutnya, Ratu Kalinyamat merupakan tokoh Jepara yang sudah memberikan perjuangannya untuk Indonesia di masa lapau. Nilai-nilai luhur seperti keberanian Ratu Kalinyamat sangat bisa membentuk rasa nasionalisme yang kuat.

Baca juga: Pengusulan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional Nyaris Gagal

Ratu Kalinyamat juga menjadi bukti jika Indonesia merupakan bangsa yang mandiri dan bukan keturunan penjajah. Ia juga merupakan sosok yang berpengaruh besar pada perkembangan dunia maritim di Nusantara.

Sebelumnya, gelar pahlawan nasional bagi Ratu Kalinyamat diusulkan oleh Yayasan Dharma Bhakti Lestari (YDBL) bersama Bupati Jepara.

Baca juga: Ratu Kalinyamat Resmi Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pengusulan kali ini merupakan kali ketiga. Bila kali ini ditolak pemerintah pusat, maka tidak bisa diusulkan kembali.

Untuk itu, dengan terlengkapinya sumber-sumber primer, Habib Luthfi mendukung usulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.

Jika tidak secepatnya disahkan dengan diperkuat secara hukum, sejarah itu akan mudah dibelok-belokkan atau bahkan dihilangkan

“Saya sangat mendukung sekali. Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan (nasional) Indonesia,” tegas Habib Luthfi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...