Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Kolom Abu Mencapai 1.500 Meter

Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Kolom Abu Mencapai 1.500 Meter
kolom abu nampak menyembur dari puncak gunung anak krakatau (tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta- Gunung Anak Krakatau Kembali erupsi pada pukul 05.32 WIB. Kali ini, kolom abu vulkanik mencapai ketinggian 1.500 meter dari puncak gunung.

Dilansir dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMKG) Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi itu terekam seismograf dengan amplitude maksimum 58 mm dan durasi 282 detik.

“Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Sabtu, 05 Februari 2022, pukul 05:32 WIB tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak, tulis dalam laman magma.esdm.go.id, Sabtu (5/2/2022).

Baca: Aktifitas Gunung Anak Krakatau Meningkat, Zona Merah 2 KM

Kolom abu berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal, sebaran abu mengarah ke Timur Laut. Kemudian ada sinar api teramati setinggi 300 meter.

Sementara pada Jumat (4/2/2022) Gunung Anak Krakatau erupsi sebanyak 9 kali dengan kolom abu tertinggi mencapai 1000 meter dari puncak.

Baca: 9 Kali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Masih Berpotensi Erupsi Lagi

Dengan adanya aktifitas Gunung Anak Krakatau yang menigkat ini, PNBMKG juga mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan untuk menjauhi lokasi erupsi.

“Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” tulisnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: PVBMKG

Comments
Loading...