Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gratis, Warga Kudus Bisa Lihat Burung Terbesar Dunia di Sini

Gratis, Warga Kudus Bisa Lihat Burung Terbesar Dunia di Sini
Burung unta koleksi baru Wisata Kidangan Sukuntex (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Warga Kabupaten Kudus kini tak perlu harus ke luar kota untuk melihat burung terbesar dunia, burung unta. Di Kudus sudah ada burung khas Benua Afrika itu.

Burung dengan nama ilmiah Struthio camelus itu, bisa dijumpai di Wisata Kidangan Sukuntex turut Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Ketika berkunjung ke sana, carilah kandang yang letaknya paling selatan. Kandang tersebut, berdampingan dengan kandang rusa-rusa Sukuntex.

Baca juga: Kidangan Sukun Pindah Tempat, Ini Lokasi Barunya

Setelah menjumpai, sepasang burung unta dengan tinggi kurang lebih dua meteran itupun akan menyambut wisatawan dengan badan yang tegak.

Pengelola Wisata Kidangan Sukuntex Yusrul mengatakan, dua burung unta tersebut memang jadi koleksi baru obyek wisata gratis itu. Burung tersebut pun baru dipamerkan kepada pengunjung kurang lebih sebulan ini.

“Animo dari masyarakat juga lumayan tinggi, jadi tambah ramai karena kedatangan koleksi baru ini,” kata Yusrul, Selasa (1/2/2022).

Yusrul menambahkan, sepasang burung tersebut dibeli secara resmi dan legal oleh pemiliknya beberapa bulan lalu. Kala itu, ukuran burung unta baru sebesar ayam kampung biasa dan kemudian dirawat hingga tumbuh setinggi kurang lebih dua meteran.

“Saat ini usianya baru enam bulanan. Sepasang itu, jantan dan betina,” ungkapnya.

Untuk perawatan burung unta, kata Yusrul tidaklah terlalu sulit. Mereka diberi makan tiga kali sehari dan jenis makanannya pun mudah di dapat. Seperti kangkung, sawi, dedak dan pur ayam.

“Mereka masih bisa tumbuh lagi, kira-kira dua kali lipatnya dari badan yang sekarang,” pungkasnya.

Selain burung unta, Wisata Kidangan Sukuntex juga turut memamerkan Rusa dengan jenis timor. Pengelola, kemudian akan menambah satwa baru yakni Angsa hitam yang juga akan diletakkan di area tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...