Kamis, 28 Maret 2024

Ini Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Nonton Streaming Youtube

Murianews
Selasa, 1 Februari 2022 14:12:10
Ilustrasi (pixabay.com)
[caption id="attachment_269359" align="alignleft" width="1280"]Ini Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Nonton Streaming Youtube Ilustrasi (pixabay.com)[/caption]

MURIANEWS, Kudus- Banyak kemudahan yang didapat dengan keberadaan smartphone. Salah satunya adalah menonton video streaming melalui kanal youtube.

Meski demikian, ada kendala yang sering muncul saat menonton streaming ini. Yakni, cepat habisnya daya baterai smartphone karena digunakan dalam waktu cukup lama.

Jangan khawatir, masalah tersebut bisa diatasi agar tetap bisa mengakses video streaming (musik) dan irit baterai. Caranya seperti dikutip Solopos.com dari telkomsel.com, adalah menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Berbekal Daun Ketapang, Mahasiswa Undip Ciptakan Case Smartphone Antibakteri

Berikut ini dua aplikasi yang bisa digunakan:

Black Screen of Life

Terlebih dahulu, unduh dan instal aplikasi BSOL (Black Screen of Life) di smartphone Android. Kemudian ubah status aplikasi dari Disable menjadi Enable. Jika sudah aktif, maka tanda BSOL akan tampil di notification bar.

Cara menggunakannya cukup mudah. Jadi, saat sedang streaming musik di Youtube, tutup bagian sensor proximity yang ada di bagian atas smartphone kamu dengan tangan atau kertas. Maka secara otomatis layar smartphone kamu akan padam, tapi musik yang kamu putar di Youtube tetap berjalan.

Sebagai informasi, sensor proximity biasanya digunakan untuk membuat layar smartphone padam saat menerima panggilan telepon. Dengan menutup bagian sensor proximity maka layar akan padam secara otomatis.

YouTube Music

Namun jika menutup sensor proximity sulit untuk dilakukan, bisa mencoba aplikasi Youtube Music. Dengan aplikasi ini bisa memutar musik di Youtube tanpa harus memutar videonya.

Caranya tinggal mengatur beberapa fitur yang tersedia, agar kamu dapat mendengarkan musik tanpa harus memutar videonya.

Itulah dua cara agar baterai smartphone Android kamu tetap hemat saat sedang melakukan streaming di Youtube. Selamat mencoba.

 

Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: Solopos.com

Baca Juga

Komentar