Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penetapan Tersangka Edy Mulyadi Butuh Pemeriksaan 55 Saksi

Penetapan Tersangka Edy Mulyadi Butuh Pemeriksaan 55 Saksi

Kombes Ahmad Ramadhan. (Dok.KompasTv)

MURIANEWS, Jakarta– Penetapan tersangka kasus ujaran kebencian dan SARA oleh Edy Mulyadi, rupanya melalui pertimbangan banyak saksi. Bahkan penyidik Bareskrim Polri telah memeriksa 55 saksi untuk kasus tersebut.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, dalam pemeriksaan terhadap kasus Edy Mulyadi ini, pihaknya mengaku sudah melakukan secara objektif, proporsional dan professional.

Bahkan dalam kasus tersebut, ada 55 saksi yang terdiri dari 37 saksi dan 18 ahli yang sudah dilakukan pemeriksaan. Tak hanya itu, ahli pidana hingga antropologi hukum pun juga dilibatkan.

“Saksi ahli terdiri dari saksi ahli bahasa, saksi ahli sosial ilmu hukum, saksi ahli pidana, ahli ITE, analisis medsos, digital forensik, dan antropologi hukum,” ujar Ramadhan dilansir dari detik.com, Senin (31/1/2022).

Baca: Edy Mulyadi Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Setelah itu, penyidik melakukan gelar perkara untuk menaikkan status Edy Mulyadi menjadi tersangka. Dia dijerat Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU ITE Jo Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 Jo Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana Jo Pasal 156 KUHP.

Baca: Edy Mulyadi Ditetapkan Jadi Tersangka dan Ditahan Polisi

“Hasil dari gelar perkara penyidik menetapkan status dari saksi menjadi tersangka,” ujar Ramadhan.

Edy Mulyadi juga langsung ditahan polisi. Ada sejumlah alasan di balik penahanan Edy.

Baca: Setelah Ingin Berlindung UU Pers, Kini Edy Mulyadi Klaim Dibidik Karena Kritis

“Penahanan dilakukan dengan alasan subjektif dan alasan objektif. Alasan subjektif karena dikhawatirkan melarikan diri, dikhawatirkan menghilangkan barang bukti, dikhawatirkan mengulangi perbuatannya. Sedangkan alasan objektif ancaman yang diterapkan kepada tersangka di atas 5 tahun,” ujarnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.