Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jumlah Penerima BLT Buruh Rokok di Kudus Bakal Bertambah

Jumlah Penerima BLT Buruh Rokok di Kudus Bakal Bertambah
Petugas tengah menghitung uang untuk penyaluran BLT untuk buruh rokok di brak Djarum Karangbener, Kamis (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) buruh rokok di Kabupaten Kudus diperkirakan bertambah pada 2022 ini. Itu setelah 14 perusahaan rokok di Kudus mengusulkan penambahan penerima BLT.

Sebelumnya, 14 perusahaan rokok tersebut tidak menyetorkan nama buruh-buruhnya di 2021 lalu. Itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati, Sabtu (29/1/2022).

“14 perusahaan rokok tersebut kini sudah mengajukan daftar nama buruhnya, sehingga sangat mungkin akan bertambah jumlah penerima BLT-nya nanti,” katanya.

Baca juga: 3.561 Buruh Rokok Kudus Tak Jadi Terima BLT

Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus sendiri mencatat ada sebanyak 75 perusahaan rokok di Kudus. Pada 2021, hanya 61 perusahaan yang mengajukan nama buruhnya.

Nama buruh-buruh rokok yang diajukan 14 perusahaan tersebut pun kini masih dievaluasi. Pemkab, kata dia, memang sedikit melakukan pengetatan terkait verifikasi data penerima. Hal tersebut dilakukan agar bantuan kesejahteraan tersebut bisa diterima di tangan yang tepat.

“Tentu akan dievaluasi ya, karena kemarin memang ada pekerja yang meninggal dunia atau berhenti bekerja tapi masih terdata, untuk meminimalisir itu maka akan ada verifikasi,” imbuhnya.

Perihal teknis, Rini mengatakan tidak jauh beda dibanding tahun lalu. Buruh rokok dari Kudus, akan didaftarkan BLT buruh rokok dari sumber Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Pemkab Kudus.

Sedangkan buruh rokok dari luar Kudus, akan didaftarkan sebagai penerima BLT buruh rokok yang bersumber dari DBHCHT Pemprov Jawa Tengah.

Untuk diketahui, jumlah penerima pasti BLT buruh rokok di Kabupaten Kudus pada 2021 lalu adalah sebanyak 60.129 orang buruh rokok.

Adapun rinciannya adalah sebanyak 38.186 orang menerima BLT buruh rokok melalui Pemkab Kudus, sementara 21.943 buruh rokok sisanya, menerima BLT buruh rokok dari Pemprov Jawa Tengah. Masing-masing penerima, menerima bantuan uang sebesar Rp 600 ribu.

 

Baca juga: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...