Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Belasan Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar, Begini Kronologinya

Kebakaran melanda kapal-kapal yang bersandar di kolam kawasan Pelabuhan Pelindo Kota Tegal, Sabtu (29/1/2022). [Suara.com/F Firdaus]
MURIANEWS, Tegal – ‎Kebakaran hebat menghanguskan 13 kapal milik nelayan di kawasan Pelabuhan Pelindo Kota Tegal, Sabtu (29/1/2022). Jumlah kapal yang terbakar dimungkinkan masih bisa bertambah. Apalagi hingga pukul 09.00 WIB kebakaran masih belum padam

Berdasarkan informasi yang ada, kebakaran terjadi sekitar pukul ‎04.30 WIB. Kapal-kapal yang terbakar tengah bersandar di kolam yang berada tepat di depan kantor Pelindo.

Api diketahui berasal dari salah satu kapal yang kemudian merembet‎ ke kapal-kapal lain. Kobakaran api menimbulkan asap hitam tebal yang membubung tinggi.

Upaya pemadaman dilakukan dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes‎. Satu mobil water cannon Polres Tegal Kota juga dikerahkan untuk membantu memadamkan api.

Meski demikian, hingga sekitar pukul 08.30 WIB, api masih berkobar di sejumlah kapal dan petugas damkar, polisi, TNI dibantu warga harus berjibaku mencegah kebakaran merembet.

Melansir dari Suara.com, ‎Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, kebakaran bermula dari adanya satu kapal yang bermasalah pada bagian kelistrikannya sekitar pukul 04.30 WIB.

“Ada satu kapal bermasalah listriknya, menimbulkan percikan api, kemudian terjadi kebakaran. Karena padatnya jumlah kapal, sehingga api cepat menyebar,” ujarnya di lokasi.

Rahmad menyebut, berdasarkan hasil pendataan, ada 13 kapal yang terbakar. Kapal dengan berbagai jenis alat tangkap itu dengan cepat ludes terbakar.

‎”Kita berupaya melokalisir kapal yang terbakar agar tidak menyebar ke kapal ain. Kesulitannya karena lokasi kolam yang sempit, sementara jumlah kapal ada ratusan,” kata dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Suara.com

Comments
Loading...