Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO NTB

Nekat Korupsi Dana Desa, Tiga Perangkat Desa Ini Diamankan Polisi

Nekat Korupsi Dana Desa, Tiga Perangkat Desa Ini DIamankan Polisi
Ilustrasi korupsi. (Dok. MURIANEWS)

MURIANEWS, NTB- Kasus dugaan korupsi dana desa (DD) masih terus dilakukan oleh para oknum. Kali ini, tiga perangkat Desa Waduruka, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibekuk oleh petugas kepolisian lantaran diduga melakukan tindak pidana korupsi.

Bahkan, oleh kepolisian, ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi DD pada tahun 2017-2018. Angka uang yang dikorupsi pun cukup fantastis, yakni Rp 552 juta.

“Dari serangkaian proses penyidikan telah didapatkan fakta-fakta adanya mens rea, perbuatan melawan hukum yang merugikan keuangan negara dan atau perekonomian negara, penyidik menetapkan 3 perangkat Desa sebagai tersangka,” kata Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra dilansir dari detik.com, Sabtu (28/1/2022).

Hendry menyebutkan ketiga perangkat desa yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut Kepala Desa RML, Sekretaris Desa AY dan Bendahara Desa SYD.

Baca: Dispermasdes Pati: 40 Persen Dana Desa Wajib Buat BLT

“Atas perbuatan ketiga orang tersangka, didapatkan kerugian negara sebesar Rp 552.459.737,05 sesuai dengan hasil perhitungan Auditor BPKP NTB,” jelasnya.

Dalam menjalankan aksinya ini, para tersangka tidak menggunakan uang negara sebagaimana mestinya sesuai dengan kegiatan yang tertuang pada APBDes maupun rencana penggunaan uang (RPU). Para tersangka juga melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Baca: Dana Desa Grobogan Naik Rp 4 Miliar

“Para tersangka membuat pertanggungjawaban fiktif dan juga memalsukan pertanggungjawaban atas penggunaan uang negara. Dalam proses penyidikan kasus ini, uang negara yang berhasil diselamatkan oleh penyidik sebesar Rp 26,7 juta,” tuturnya.

“Pasal yang disangkakan untuk ketiga tersangka yaitu Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” ujarnya.

 

penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: detik.com

Comments
Loading...