Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Polri Klaim Pemanggilan Edy Mulyadio Sudah Sesuai Prosedur

Polri Klaim Pemanggilan Edy Mulyadio Sudah Sesuai Prosedur

kabag penum divisi humas polri brigjen ahmad ramadhan (Dok. Polri)

MURIANEWS, Jakarta- Ikwal pemanggilan Edy Mulyadi oleh Bareskrim Polri yang tidak hadir saat akan dilakukan pemeriksaan karena suratnya dianggap tidak sesuai prosedur, Karo Penmas Divisi Humas Polri pun buka suara. Isntitusi tersebut mengklaim bahwa pemanggilan Edy Mulyadi sudah sesuai prosedur.

Hal itu tertuang dalam KUHP pasal 112 ayat kedua. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa orang yang dipanggil wajib datang kepada penyidik dan jika dia tidak datang penyidik memanggil sekali lagi.

“Dengan perintah kepada petugas untuk membawa kepadanya, jadi tindakan yang dilakukan ini adalah tindakan yang sesuai dengan aturan KUHP,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan dilansir dari detik.com, Jumat (28/1/2022).

Baca: Ini Alasan Edy Mulyadi Mangkir dari Panggilan Bareskrim Polri

Dia menyebut waktu pemanggilan 2 hari sejak status penanganan kasus naik penyidikan adalah wajar. Dalam Pasal 112 ayat 1 penyidik yang melakukan pemeriksaan dengan menyebutkan alasan pemanggilan yang jelas berwenang memanggil tersangka, yang dianggap perlu untuk diperiksa surat panggilan yang sah dengan memperhatikan tenggang waktu yang wajar antara diterimanya panggilan dan hari seorang itu harus memenuhi panggilan tersebut.

Baca: Hendak Diperiksa Bareskrim Polri, Edy Mulyadi Mangkir

“Jadi 2 hari, surat panggilan Rabu untuk datang, Jumat adalah hari yang wajar tidak menyebutkan 3 hari. Sedangkan yang dimaksud di tiga hari itu ada di pemeriksaan sidang pengadilan, sedangkan tahap ini adalah tahap penyidikan,” ucapnya.

Ramadhan menyebut Edy Mulyadi masih berstatus saksi. Polisi akan melakukan penjemputan jika Edy Mulyadi tidak datang pada pemanggilan kedua, pada Senin mendatang.

Baca: Kasus Edy Mulyadi Dinaikkan ke Tahap Penyidikan

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa surat perintah membawa, itu kita tujukan tadi. Jadi nanti hari Senin, hari Senin tanggal 31 Januari 2022 kita akan menunggu. Bila yang bersangkutan tidak hadir memenuhi panggilan yang kedua, maka penyidik akan menjemput dan membawa yang bersangkutan ke Bareskrim Polri,” tegasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.