Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Emak-Emak Harus Tahu, Harga Minyak Goreng Turun Lagi

Emak-Emak Harus Tahu, Harga Minyak Goreng Turun Lagi
Ilustrasi

MURIANEWS, Jakarta- Kabar baik bagi para emak-emak di seluruh Indonesia. Mulai 1 Februari 2022 harga minyak goreng turun lagi.

Penurunan harga minyak goreng itu terdapat dua kategori, yakni minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan sederhana dan minyak goreng kemasan premium.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengeluarkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah hingga kemasan premium.

“HET minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng premium Rp 14.000 per liter. Seluruh harga sudah termasuk PPN di dalamnya,” Lutfi dilansir dari detik.com, Kamis (27/1/2022).

Baca: Mulai Hari Ini, Minyak Goreng Murah Rp 14 Ribu Tersedia di Pasar Tradisional

Karena sudah adanya kebijakan penetapan HET ini, Muhammad Futfi pun meminta kepada masyarakat agar bijak dalam membeli minyak goreng. Kemudian jangan sampai terjadi panic buying dalam membeli minyak goreng.

“Karena kami menjamin stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau,” terangnya.

Baca: Toko Modern Pati Mulai Kehabisan Stok Minyak Goreng

Pihaknya juga memerintahkan produsen minyak goreng agar terus menyalurkan stok agar tidak terjadi kekosongan di pedagang atau pengecer.

Lutfi menegaskan pemerintah akan mengambil langkah hukum yang sangat tegas kepada pelaku usaha yang tidak patuh kepada ketentuan ini.

Baca: Pengusaha Ungkap Penyebab Minyak Goreng Rp 14 Ribu Kosong di Minimarket

“Pemerintah akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas kepada seluruh pelaku usaha yang tidak patuh atau mencoba melanggar ketentuan ini,” lanjutnya.

“Kami berharap dengan kebijakan ini harga minyak goreng dapat lebih stabil dan terjangkau untuk masyarakat serta tetap menguntungkan bagi para pedagang, distributor, hingga produsen,” imbuhnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: detik.com

Comments
Loading...