Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Februari, Bangunan LI Pati Dibongkar!

Februari, Bangunan LI Pati Dibongkar!
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Pati Sugiyono saat ditemui di ruang kerjanya. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pembongkaran bangunan di Lorong Indah atau Lorok Indah (LI) Pati dipastikan dibongkar pada Februari 2022. Kepastian itu diungkapkan Kepala Satpol PP Pati, Sugiyono, Kamis (27/1/2022).

Ia sendiri baru saja mengikuti rapat koordinasi terkait pembongkaran bangunan lokalisasi itu. Meski sudah ditentukan bulannya, tanggal pelaksanaannya masih belum dipastikan.

“Februari (bangunan di LI) dibongkar. Bisa awal bulan, tengah atau akhir. Yang jelas akan dibongkar (di bulan itu),” ujar Sugiyono.

Baca juga: Tak Ada Kompensasi, Pemilik Bangunan LI Pati Kini Diancam Denda

Pembongkaran ini merupakan langkah lanjutan setelah pihak Pemkab Pati menutup lokalisasi LI pada Agustus 2021. Kemudian, pada Oktober hingga Desember, pemerintah meminta para pemilik bangunan untuk mengosongkan tempat.

Usai dibongkar nantinya, tempat tersebut akan dikembalikan menjadi lahan pertanian. Hal ini dilakukan kerena Pemkab Pati menilai lahan tempat berdiri bangunan LI merupakan lahan pertanian berkelanjutan, sehingga harus dikembalikan.

Pada awal Januari ini Pemkab Pati kembali mengeluarkan surat untuk pemilik bangunan di LI. Isinya meminta pemilik membongkar sendiri. Apabila tidak, pihaknya akan membongkar paksa.

Para pemilik bangunan tidak mau. Mereka bersikukuh bahwa lahan yang milikinya merupakan lahan permukiman sesuai akte yang dimiliki. Mereka pun meminta kompensasi bila memang ada pembongkaran.

Namun hal ini tidak digubris Pemkab Pati. “Mereka melanggar bukan peruntukkan sesuai undang-undang dan Perda RTRW terbaru,” ujarnya.

“Ngapain diberikan kompensasi orang dibangun-bangun sendiri. Itu lahan pertanian berkelanjutan. Biar saja. Apapun alasan mereka kami tetap menutup dan membongkar,” imbuh Sugiyono.

Saat proses pembongkaran, personel gabungan akan dilibatkan. Mulai dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, DPUTR, Polres Pati, TNI, Kesbangpol dan beberapa dinas terkait.

“Kami sudah mengingatkan untuk mengosongkan sudah empat bulan. Kalau ndak diindahkan mau ndak mau ya dibongkar,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...