Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Motivasi Tim Timor Leste Bisa Berlipat Saat Menghadapi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Motivasi Tim Timor Leste bisa berlipat saat menghadapi Timnas Indonesia. Kesadaran ini dimunculkan oleh Kapten Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono, menjelang pertandingan FIFA Match Day, antara Timnas Indonesia Vs Timor Leste. (.facebook.com/pssi/photos)

MURIANEWS, Denpasar- Motivasi Tim Timor Leste bisa berlipat saat menghadapi Timnas Indonesia. Kesadaran ini dimunculkan oleh Kapten Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono, menjelang pertandingan FIFA Match Day, antara Timnas Indonesia Vs Timor Leste.

Pertandingan dua tim nasional ini akan digelar di Stadion Wayan Dipta, Bali, Kamis (27/1/2022) besok dan Minggu (30/1/2022). Evan Dimas Darmono tetap menyatakan Timnas Indonesia harus mewaspadai motivasi berlipat ganda Timor Leste yang berpotensi muncul.

Latar belakang sejarah politik dari kedua negara, kadang-kadang ikut terbawa-bawa di dalam lapangan saat kedua tim nasional bertemu. Bahkan dalam beberapa kali pertemuan beberapa tahun lalu, pertandingan sering kali diwarnai ‘aksi tak terkontrol’ terutama dari para pemain Timor Leste.

Pada acara jumpa pers menjelang pertandingan, Rabu (26/1/2022), Evan Dimas menyinggung kemungkinan berlipatnya motivasi para pemain Timor Leste ini. Secara khusus Evan meminta rekan setimnya untuk tidak memandang remeh Timor Leste. Mereka dinilainya terus menunjukkan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Rival di Kompetisi, Bek Arema dan Persebaya Rukun di Timnas Indonesia

“Saya melihat sepak bola di Asia Tenggara ini semakin berkembang, termasuk Timor Leste, dan saya pikir kesempatan kita mengalahkan Timor Leste berasal dari kemauan kita sendiri,” kata Evan Dimas.

“Ketika kita kalah semangat dengan Timor Leste, itu yang membuat kita susah mengalahkan mereka karena seperti kita tahu pemain Timor Leste selalu lebih semangat dua kali lipat ketika melawan Timnas Indonesia,” tambah Evan Dimas lagi.

Dalam empat pertemuan terakhir di berbagai ajang, Indonesia memang selalu berhasil memenangi pertandingan saat berhadapan dengan Timor Leste. Namun, belakangan negara yang baru merdeka pada 30 Agustus 1999 itu mulai merepotkan Indonesia.

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia vs Timor Leste terjadi di Piala AFF 2018. Saat itu, Indonesia dan Timor Leste tergabung di Grup B. Tim berjuluk Lafaek sempat unggul lebih dulu melalui Rufino Gama sebelum Indonesia membalas dengan tiga gol yang masing-masing dicetak Alfath Fathier, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1.

“Jadi saya harap teman-teman besok, termasuk saya, jangan sampai meremehkan mereka. Kalau kita bersemangat pasti kita bisa mengalahkan Timor Leste,” ujar Evan Dimas.

Timor Leste sendiri pada pertandingan FIFA Match Day melawan Timnas Indonesia, membawa para pemain U-23 mereka. Pelatih Fabio Magrao berniat untuk mengasah mental pemain sebelum turun di Piala AFF U-23 2022, Febuari nanti.

Pelatih Indonesia Shin Tae Yong juga membawa sebagian besar pemain muda yang akan diproyeksikan tampil di Piala AFF U-23. Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh jadi wajah baru yang dipanggil membela tim senior.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: PSSI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.